Perbedaan Al-Insan dan Al-Ins

Admin Monday, November 29, 2010

الانسان & الانس
Sebagaimana dalam kamus al-munawwir, kata insan (إنسان) adalah bentuk mufrod dari anaasiy "أناسي" atau “أناسية , sedangkan ins (إنس) adalah bentuk singular dari “أناس” yang artinya dalah manusia.
Kata al-insan berasal dari akar kata alif, nun dan sin yang sama sebagaimana kata al-ins. Arti keduanya adalah merupakan lawan kata dari kata kebuasan. Meskipun demikian, masing-masing memiliki penekanan arti yang berbeda.[1] Menurut Bint al-Syati’ kata al-insan di dalam al-Qur’an disebutkan 65 kali[2], sedangkan dalam maktabah syamilah ditemukan data sebanyak 56 kali.
insan berarti manusia atau makhluk hidup yang berfikir. Istilah insan dalam al-Qur’an selain menggunakan kata insan, juga menggunakan kata ins, nas atau unas, basyar, bani adam atau zurriyatu Adam.
penggunaan lafaz insan dalam al-Qur’an digunakan untuk menunjuk manusia dengan seluruh totalitasnya, jiwa dan raga. Perbedaan manusia dengan yang lain adalah akibat perbedaan fisik , mental, dan kecerdasan.
Di dalam kitab tafsir ath-thabari disebutkan:
}Å¿ósãZÏj9 ¾ÏmÎ/ Zot$ù#t/ $\GøŠ¨B ¼çmuÉ)ó¡èSur $£JÏB !$oYø)n=yz $VJ»yè÷Rr& ¢ÓÅ$tRr&ur #ZŽÏVŸ2   (الفرقان: 49 )  
lafadh انسانbentuk jamaknya adalah أناسي , dalam jamak أناسي ya’ dijadikan sebagai pengganti dari nun. Terkadang dijamakkanإناسين  sebagaimana dijamakanya النَشْيان menjadi نشايين . maka jika dikatakan  أناسي adalah jamak mufradnya إنسي . Terkadang menjamakkan  أناسي dengan ya’ mukhaffaf, dan seakan-akan dari jamaknya juga digugurkan ya’ antara ‘ain fi’il  dan lamnya, sebagaimana jama’ dari  القرقور: قراقير وقراقر . dan diantara menjamakkanya dengan tahfif yang shahih adalah perkataan orang Arab: أناسية كثيرة.[3]Berikut ini akan dijelaskan beberapa penggunaan kata al-insan dalam al-Qur’an;









loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar