Biografi Singkat Josep Schact | Biografi Tokoh

Admin Sunday, November 14, 2010
Joseph Schacht
A. Biografi
1. Dr. Joseph Schacht lahir di Silisie Jerman pada 15 Maret 1902.
2. Karirnya sebagai orientalis dimulai dengan belajar pilologi klasik, theologi, dan bahasa-bahasa Timur di Universitas Berslauw dan Universitas Leipzig.
3. Ia meraih gelar Doktor dari Universitas Berslauw pada tahun 1923, ketika ia berusia 21 tahun.
4. Pada tahun 1925 ia diangkat menjadi dosen di Universitas Fribourg, dan pada tahun 1929 ia dikukuhkan sebagai Guru Besar.
5. Pada tahun 1932 ia pindah ke Universitas Kingsbourg.
6. mengajar tata bahasa Arab dan bahasa Suryani di Universitas Fuad Awal (kini Universitas Cairo) di Cairo Mesir. Ia tinggal di Cairo pada tahun 1932 sampai tahun 1939 sebagai Guru Besar.
7. Ketika perang dunia II meletus, Schacht meninggalkan Cairo dan pindah ke Inggris untuk kemudian bekerja di Rasio BBC London. Meskipun ia seorang Jerman, namun dalam perang dunia II ia berada di pihak Inggris. Dan ketika perang selesai, ia tidak pulang ke Jerman, melainkan tetap tinggal di Inggris, dan menikah dengan wanita Inggris. Bahkan pada tahun 1947 ia menjadi warga negara Inggris.Meskipun ia bekerja untuk kepentingan negara Inggris dan mengkhianati tanah airnya sendiri, namun pemerintah Inggris tidak memberikan imbalan apa-apa kepadanya.
8. Sebagai seorang ilmuan yang menyandang gelar Profesor- Doktor, di Inggris ia justeru belajar lagi di tingkat Pasca Sarjana Universitas Oxford, sampai ia meraih gelar Magister (1948) dan Doktor (1952) dari universitas tersebut.
9. Pada tahun 1954 ia meninggalkan Inggris dan mengajar di Universitas Laiden Belanda sebagai Guru Besar sampai tahun 1959.
10. Di sini ia ikut menjadi supervisor atas cetakan kedua buku Dairah al-Ma’arif al-Islamiyah.
11. Kemudian pada musim panas tahun 1959 ia pindah ke Universitas Colombia New York, dan mengajar di sana sebagai Guru Besar, sampai ia meninggal dunia pada tahun 1969.

B. Karya Joseph Schacht
1. kajian tentang Manuskrip Arab,
2. Edit-Kritikal atas Manuskrip-manuskrip Fiqh Islam.
3. Kajian tentang ilmu Kalam,
4. kajian tentang Fiqh Islam,
5. kajian tentang Sejarah Sains dan Filsafat, dan lain-lainnya.
6. Karya tulisnya yang paling monumental dan melambungkan namanya adalah bukunya The Origins of Muhammadan Jurisprudence yang terbit pada tahun 1950,
7. kemudian bukunya An Introduction to Islamic Lau yang terbit pada tahun 1960. Dalam dua karyanya inilah ia menyajikan hasil penelitiannya tentang Hadis Nabawi, di mana ia berkesimpulan bahwa Hadis Nabawi, terutama yang berkaitan dengan Hukum Islam, adalah buatan para ulama abad kedua dan ketiga Hijriyah.
C. Pendekatan
Sosio-Historis
D. Metode
Kritik sanad hadits
E. Pemikiran Schacht

Dalam karyanya Schacht menegaskan bahwa Hukum Islam belum eksis pada masa al-Sya’bi (110 H). penegasan ini memberikan pengertian bahwa apabila ditemukan Hadis-Hadis yang berkaitan dengan hukum Islam, maka Hadis-hadis itu adalah buatan orang-orang yang hidup sesudah al-Sya’bi. Ia berpendapat bahwa Hukum Islam baru dikenal semenjak masa pengangkatan para qadhi (hakim agama). Pada khalifah dahulu (khulafa al-Rasyidin) tidak pernah mengangkat qadhi. Pengangkatan Qadhi baru dilakukan pada masa Dinasti Bani Umayyah.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar