Makalah Fitnah

Admin Thursday, December 16, 2010
A. Pendahuluan
Al-Qur’an adalah sumber utama ajaran Islam. Ia menempati posisi istimewa dalam kehidupan umat Islam. Para ulama berusaha semaksimal mungkin menyesuaikan diri dan mencontoh serta mempraktekan nilai-nilai ideal yang diajarkan oleh al-Qur’an tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Tidak berlebihan jika dikatakan, umat Islam tidak mungkin dipisahkan dari sumber ajaran agamanya itu.
Pada aspek mengkaji, al-Qur’an adalah satu-satunya kitab suci yang mendapatkan perhatian luar biasa dari komunias ilmuan, baik yang muslim maupun non muslim. Hal ini terbukti dengan lahirnya karya-karya tafsir al-Qur’an yang jumlahnya ribuan. Karya tafsir al-Qur’an masih terus mengalir hingga hari ini. Hal ini juga menjadi bukti bahwa tafsir al-Qur’an bukan dominasi orang-orang shaleh zaman dulu, seperti yang kita ketahui dalam sejarah penafsiran al-Qur’an.
Sejarah penafsiran al-Qur’an adalah Islam itu sendiri. Artinya perjalanan sejarah tafsir al-Qur’an sudah sama tuanya dengan sejarah perjalanan Islam sebagai agama, sehingga antara keduanya jadi identik dan tak terpisahkan. Aktifitas penafsiran sudah barang tentu dimulai semenjak Nabi Muhammad Saw. Menyampaikan risalah Tuhan yang datang dalam bentuk al-Qur’an. Sebagai pembawa risalah maka Nabi Muhammad harus faham dan mengerti terlebih dahulu atas pesan wahyu yang harus disampaikan kepada umatnya ketika sasaran wahyu (umat) menghadapi kesulitan tertentu dalam memahami teks wahyu. Jadi, tugas penasiran merupakan bagian integral dari tugas risalah.
Keragaman tafsir sekurang-kurangnya disebabkan oleh faktor-faktor sebagai berikut: pertama, factor kebahasaan. Di dalam al-Qur’an akan ditemukan kata-kata yang memiliki makna (lafadz) ganda, makna umum, makna khusus, makna sulit (musykil) dan sebagainya. Kedua, factor ideology poitik, ketiga, factor madzhab pemikiran dan yang keempat adalah subyektifisme mufasir, yakni adanya pra-anggapan, pra-asumsi, jenis kelamin, latar pendidikan dan lingkungan mufasir yang turut mewarnai langgam tafsir yang disusun.
Terhadap keempat faktor di atas, tak ada seorngpun yang mengingkarinya. Oleh karena itu, paparan di atas makin menegaskan bahwa tafsir merupakan dialog terus-menerus antara teks suci, penafsiran dan lingkugan sosial-politik-budaya yang ada di sekitarnya. Tafsir ini tercipta pada ruang dan waktu yang berbeda-beda yang mengakibatkan munculnya pemaknaan atas satu teks berbeda dengan yang lainnya. Makalah ini menyajikan sebuah penafsiran yang mengulas tentang lafadz “fitnah” dalam al-Qur’an. Fitnah mempunyai bermacam-macam makna yang berbeda, sehingga pembahasan ini dirasa perlu untuk mengetahui derivasi makna fitnah yang digunakan dalam al-Qur’an. Dalam pembahasan ini lebih banyak mengambil penafsiran al-Razi, karena dirasa telah memberikan penafsiran yang mumpuni dan dapat dijadikan sebagai pijakan dalam memahami suatu lafadz dalam al-Qur’an. Meskipun dalam makalah ini hanya mengulas satu tafsir lafadz fitnah, namun setidaknya lewat kajian ini akan merangsang pembaca untuk mencermati dan mengkaji tafsir-tafsir lafadz lain yang beragam jenisnya.

B. Pengertian Fitnah
Ulasan kata fitnah akan kita jumpai maknanya yang amat luas dan beragam. Kata fitnah adalah bentuk masydar dari kata fatana – yaftinu – fatnan atau fitnatan yang secara semantik sebagaimana dijelaskan dalam Ensiklopedi al-Qur’an berarti memikat, menggoda, membujuk, menyesatkan, membakar, menghalang-halangi. Kemudian kata ini berkembang maknanya menjadi cobaan, bala’, siksaan, sesat dan juga dimaknai gila. Bentuk jamak dari kata fitnah adalah al-Fitan. Dalam kamus Arab al-ta’rifat dijumpai, bahwa kata fatana selalu dicontohkan dengan kalimat “Seorang pandai emas membakar logam emas untuk membersihkan dan mengetahui kadarnya”. Dari sini kemudian maknanya secara umum berkembang lebih luas lagi sehingga diartikan menguji (menguji untuk mengetahui kialitas sesuatu). Maka dari itu, untuk kata fitnah bisa berarti pembakaran, kekacauan, kegilaan, ujian, cobaan, godaan, pesona atau sesuatu yang memikat. Selanjutnya tukang emas dikatakan dengan al-Fattan (الفتان ) sebab ia melebur emas dengan api, dan darinya dibuatlah berbagai macam perhiasan dalam berbagai bentuk. Dengan api pula ia dapat mengetahui mana emas yang benar-benar asli dan yang palsu/campuran.
Dalam kamus besar bahasa Indonesia disebutkan, kata fitnah adalah perkataan bohong atau tanpa dasar kebenaran yang disebarkan dengan maksud menjelekkan orang lain, seperti menodai nama baik, merugikan kehormatan orang, dan lain-lain. Dengan demikian, kata fitnah sering diartikan dengan makna yang negative dan nampak secara definitif makna kata fitnah amat terbatas hanya menyangkut perkataan saja, sementra perlakuan yang tidak manusiawi, berbuat dzalim terhadap orang lain, teror, eksploitasi, penganiayaan dan sebagainua, semua tidak dikategorikan ke dalam arti kata fitnah dalam bahasa Indonesia. Dari sinilah perbedaan arti bahasa Indonesia dengan al-Qur’an.
Kata fitnah dan derivasinya disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 60 kali dalam 33 surat. Quraish Shihab menggunakan kata fitnah dengan arti ‘kedzaliman’. Dalamal-Qur’an suratal-Buruj [85]: 10, ditegaskan bahwa orang-orang yang enggan brtaubat dari tindakan mendzlimi atau menganiaya kaum muslimin akan merasakan siksaan neraka jahanam. Bahkan, orang-orang mukmin diperintahkan untuk memerangi kedzaliman itu, yaitu menghilangkan peganiayaan dan kedzaiman antar sesama. Kemudian dalam Qs.al-Baqarah[2]: 191, disana penggunaan kata fitnah dengan pengertian “membakar secara mutlak”, yaitu membakar orang-orang yang melakukan perbatan dosa di api neraka (Qs. Az-Zariyyat[51]: 13). Ada juga fitnah yang berarti “siksaan” atau “hukumam” misalnya digunakan dalam Qs. Al-Anfal[8]: 25, yang menjelaskan bahwa orang mukmin bertangung jawab atas terpeliharanya akhlak sosial sehingga tidak turun siksaan Tuhan. Kalau siksan itu tiba, maka tidak hanya menimpa pada orang-orang dzalim saja, tetapi merata menimpa semuanya baik yang berbuat dzalim atau tidak.
Kata fitnah yang berarti “cobaan atau ujian” terhadap keimanan seseorag pada umumnya bermacam bentuknya, diantaranya:
1. anak dan harta, dalam Qs. at-Taghabun[64]:15 dijelaskan bahwa anak dan harta yang dimiliki seseorang dapat menjauhan pemiliknya dari sifat taqwa;
2. kebaikan dan keburukan, kebaikan yang berupa kesehatan, kekayaan dan kepandaian ataupun penderitaan karena kemiskinan, penyakit dan tekanan, semuanya merupakan cobaan keimanan seseorang (Qs. al-Ambiya’[21]: 35 dan Qs. an-Nahl[16]: 110;
3. ilmu sihir, (Qs. al-Baqarah [2]: 102) dan yang sejenis dengan itu, karena ilmu sihir dapat menyengsarakan orang lain dan menjatuhkan dirinya kepada kekafiran;
4. kedzaliman dan kekacauan yang mengancam kaum muslimin (Qs. al-Baqarah [2]: 217)
5. kenikmatan hidup bhagia juga dinamakan fitnah, sebagaimana dalam Qs. az-Zumar [39]: 49;
6. godaan dan pengaruh-pengaruh luar yang dapat mengarahkan orang untuk mengikuti hawa nafsu dan bertindak melanggar ketentuan Allah (Qs. al-Maidah [5] :48-49)
Kata fitnah sebelum mengalami perkembangan makna dan penafsiran yang lebih luas seperti yang telah dipaparkan di atas, dasar makna kata itu secara semantik adalah cobaan dan ujian.

C. Macam-macam Makna Fitnah
Pengertian fitnah yang sangat beragam sebagaimana tersebut di atas, tidak menutup kemungkinan akan memunculkan interpretasi lain, seperti dalam tafsir al-Razi dantafsir-tafsir lain. Maka dari itu di bawah ini kita akan melihatbagaimana penafsiran mufasir mengenai fitnah.
1. Fitnah Bermakna Ujian dan Cobaan
Dalam tafsir al-Razi frase fitnah banyak mengacu pada makna cobaan atau ujian, diantaranya ada yang menunjukkan berupa nikmat maupun kesulitan. Bentuk fitnah dari segi materi bisa meliputi suami, istri, anak, harta, wanita. Sedangkan dari segi non materi mecakup tipudaya, setan, malaikat, kenyamanan, kematian, jabatan, kenabian, rahmat, rizki, sosial, hukum dan lain sebagainya. Ayat yang menjelaskan hal ini adalah Qs. al-A’raf[7]: 27:

   •      •                       
“Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia Telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya kami Telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.”

Menurut al-Razi fitnah di sini ujian atau cobaan (الابتلاء و الامتحان), penggalan firman-Nya:  •  maksudnya menjadi sebab kamu tidak masuk surga sebagaimana setan memperdaya nenek moyang kamu sehingga mereka tergelincir keluar dari surga.
Ada pula kata fitnah dalam al-Qur’an yang kandungannya memuat kisah para Nabi dan umatnya seperti peristiwa Nabi Sholeh as yang berdakwah kepada kaum Tsamud, dan Allah memberi mukjizat kepada beliau.

 •   •           
“Mereka menjawab: "Kami mendapat nasib yang malang, disebabkan kamu dan orang-orang yang besertamu". Shaleh berkata: "Nasibmu ada pada sisi Allah, (bukan kami yang menjadi sebab), tetapi kamu kaum yang diuji". (Qs. an-Naml [27]: 47)

Ayat di atas menjelaskandua umat Nabi Sholeh as yang berseteru dalam menjawab ajakan Nabi menyembah Allah Yang Maha Esa.

2. Fitnah Bermakna Kufur dan Syirik
Al-Razi juga menafsirkan kata fitnah dengan makna syirik dan kufur. Sebagaimana penasirannya dalam Qs. al-Baqarah [2]: 217

                                                           •     
“Mereka bertanya kepadamu tentang berperang pada bulan Haram. Katakanlah: "Berperang dalam bulan itu adalah dosa besar; tetapi menghalangi (manusia) dari jalan Allah, kafir kepada Allah, (menghalangi masuk) Masjidil haram dan mengusir penduduknya dari sekitarnya, lebih besar (dosanya) di sisi Allah, dan berbuat fitnah itu, lebih besar (dosanya) dari pada membunuh. mereka tidak henti-hentinya memerangi kamu sampai mereka (dapat) mengembalikan kamu dari agamamu (kepada kekafiran), seandainya mereka sanggup. barangsiapa yang murtad di antara kamu dari agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, Maka mereka Itulah yang sia-sia amalannya di dunia dan di akhirat, dan mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya”

Frase fitnah yang dimaksud dalam ayat ini, al-Razi mempunyai dua penafsiran. Pertama, kufur (كفر) “kufur itu lebih kejam daripada pembunuhan”. Kedua, penyiksaan (تعذيب) yang dilakukan oleh keum musyrikin di Mekkah seperti perlakuan kejam mereka terhadap beberapa seorang sahabat. Dalam hal ini ia cenderung memaknai fitnah dengan cobaan (امتحان), kemudian berkembng menjadi semua makna yang merupakan sarana pengujian.
Ayat lain yang mempunyai redaksi mirip dengan ayat di atas adalah Qs. al-Baqarah [2]: 191

                             
“Dan Bunuhlah mereka di mana saja kamu jumpai mereka, dan usirlah mereka dari tempat mereka Telah mengusir kamu (Mekah); dan fitnah itu lebih besar bahayanya dari pembunuhan, dan janganlah kamu memerangi mereka di Masjidil Haram, kecuali jika mereka memerangi kamu di tempat itu. jika mereka memerangi kamu (di tempat itu), Maka Bunuhlah mereka. Demikanlah balasan bagi orang-orang kafir.”

Fitnah lebih kejam (keras) dari pada pembunuhan seperti yang dijelaskan sebelumnya, fitnah adalah sebentuk ujian yang bisa datang dari Allah dan juga dari manusia. Al-Razi mempunyai tiga pemahaman mengenai pengertian ungkapan tersebut. Menurut Ibn Abbas, yang dimaksud fitnah di atas adalah kekafiran kepada Allah, fitnah dinamakan kekafiran karena kekafiran dapat merusak bumi sehigga menimbulkan kedzaliman dan kekacauan. Kekafiran lebih besar dibanding pembunuhan, karena sikap kufur merupakan dosa yang memberi pelakunya hak mendapat adzab yang kekal, sementara pmbunuhan tidak. Kekafiran juga menarik orangnya keluar dari kesatuan umat, sedangkan pembunuhan tidak. Namun dari rangkaian ayat 191 diketahui bahwa teror, perampasan harta dan tekanan sampai batas yang tidak bisa ditanggung dan memaksa orang untuk keluar dari kampung halamannya dan terlunta-lunta, itulah maksud dari ungkapan di atas. Sebab hal-hal itulah yang mendorong terjadinya perang, yang salah satu akibatnya adalah pembunuhan.

3. Fitnah Bemakna Adzab dan Membakar
Kata fitnah yang bermakna adzab dan membakar seperti dalam penafsiran Qs. al-Dzariyat [51]: 13 sebagai berikut:

   •          

“ (hari pembalasan itu) ialah pada hari ketika mereka diazab di atas api neraka. (Dikatakan kepada mereka): "Rasakanlah azabmu itu. inilah azab yang dulu kamu minta untuk disegerakan."”

Al-Razi menjelaskan kata يفتنون pada ayat di atas diartikan dibakar (يحرقون) dan dimasukkan di atas api (يعرضون على النار) sedangkan kata فتنتكمpada ayat selanjutnya yang berbentuk masydar, ia mengartikan dengan cobaan (الامتحان). Demikian informasi Allah tentang hari pembalasan yang terjadi pada para pembohong yang lalai lagi terkutuk, tenggelam dalam kenikmatan duniawi atau berfoya-foya dan tidak berpikir tentang hakikat hidup.
Makna fitnah yang berarti menyiksa dapat dijumpai dalam sikap Nabi Ibrahim as terhadap keluarganya yang berbeda keyakinan dengan beliau, terdapat suri tauladan dalam beliau berdoa kepada Allah Swt. Sebagaimana dalam Qs. al-Mumtahanah [60]: 5

          •    
"Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan kami (sasaran) fitnah bagi orang-orang kafir. dan ampunilah kami Ya Tuhan kami. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana".

Al-Razi menjelaskan makna fitnah dalam doa Nabi Ibrahim di atas dengan pendapat Ibn Abbas: janganlah engkau memberi kekuasan pada musuh-musuh kami sehingga mereka menyangka dengan keberhasilan dan penyiksaan (عذابا) atas kami bahwa mereka berada dalam kebenaran.
Fitnah bermakna siksaan juga dapat dijumpai pada hubungan antara (Qs. al-Buruj [85]: 10) dengan ayat sebelumnya yang membicarakan dengan kisah para pembuat parit (ashab al-ukhdud) menyiksa orang-orang beriman dengan api yang memiliki bahan bakar dan mereka tidak bertaubat serta menyesali atas kekufuran dan dosa-dosa yang telah mereka perbuat. Perbuatan mereka itu akan mendapat siksaan di neraka jahanam karena kekufuran dan mambakar orang-orang beriman.

4. Fitnah Bermakna Kesesatan dan Kerusakan
Kesesatan menurut istilah adalah berpaling dari jalan yang benar dan lurus, atau lawan dari hidayah. Adapun jenis fitnah berhubungan dengan akidah (keyakinan dan kepercayaan), adalah kaum musyrikin yang mengatakan bahwa mereka memiliki anak dan sekutu. Berikut ayat yang mengancam mereka, Qs. al-Shaffat [37]: 162

        
“Maka Sesungguhnya kamu dan apa-apa yang kamu sembah itu, Sekali-kali tidak dapat menyesatkan (seseorang) terhadap Allah,”

Al-Razi menjelaskan: “Kamu dan apa yang kamu sembah, sekali-kali tidak dapat menyesatkan terhadap Allah kecuali para penghuni neraka yang telah ditentukan dalam pengetahuan-Nya” atau boleh memahaminya dengan “Kamu bersama apa yang kamu sembah sekali-kali tidak dapat mndorong pada jalan kesesatan kecuali orang-orang yang akan masuk neraka jahannam.” Menurutnya ayat tersebut mengisyaratkan bahwa perkataan orang-orang musyrik dan keadaan apa yang mereka sembah tidak ada pengaruhya sedikitpun terhadap kesesatan. Kata fitnah dalam bentuk jamak fatinin berarti membawa atau mendorong orang ikut tersesat atau masuk neraka dan merusak manusia supaya tersesat dari jalan Allah.
Fitnah bermakna kesesatan ada yang tertuju kepada orang-orang Yahudi Madinah yang telah dengan sengaja mengucapkan atau membacakan ayat-ayat Taurat secara keliru kepada Nabi Muhammad Saw, dan kaum muslimin untuk tujuan-tujuan tertentu. Egoisme telah mengalahkan kejujuran mereka, namun bukan berarti mereka telah berani mengubah teks-yeks tertulis mereka, jika mereka memang memilikinya. Al-Qur’an mengungkakan hal tersebut dalam Qs. al-Maidah [5]: 41

           •                                                                
“Hari rasul, janganlah hendaknya kamu disedihkan oleh orang-orang yang bersegera (memperlihatkan) kekafirannya, yaitu diantara orang-orang yang mengatakan dengan mulut mereka:"Kami Telah beriman", padahal hati mereka belum beriman; dan (juga) di antara orang-orang Yahudi. (orang-orang Yahudi itu) amat suka mendengar (berita-berita) bohong dan amat suka mendengar perkataan-perkataan orang lain yang belum pernah datang kepadamu; mereka merobah perkataan-perkataan (Taurat) dari tempat-tempatnya. mereka mengatakan: "Jika diberikan Ini (yang sudah di robah-robah oleh mereka) kepada kamu, Maka terimalah, dan jika kamu diberi yang bukan Ini Maka hati-hatilah". barangsiapa yang Allah menghendaki kesesatannya, Maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatupun (yang datang) daripada Allah. mereka itu adalah orang-orang yang Allah tidak hendak mensucikan hati mereka. mereka beroleh kehinaan di dunia dan di akhirat mereka beroleh siksaan yang besar.”


Setelah Allah membuka kejelekan-kejelekan orang-orang Yahudi tersebut, Allah berfirman ” Barang siapa Allah menghendaki kesesatannya, maka sekali-kali kamu tidak akan mampu menolak sesuatu pun (yang datang) dari Allah.” (Qs. al-Maidah [5]: 41). Maksudnya fitnah adalah berbagai macam kerusakan atau berbagai macam kekufuran yang telah diungkapkan oleh Allah, jadi fitnah di sini berarti kekufuran, kesesatan dan kerusakan.

5. Fitnah Bermakna Kekacauan dan Menggelincirkan
Fitnah yang bermakna kekacauan dan mengelincirkan seperti dalam penafsiran Qs. At-Taubah [9]: 47 sebagai berikut:

   •               
“Jika mereka berangkat bersama-sama kamu, niscaya mereka tidak menambah kamu selain dari kerusakan belaka, dan tentu mereka akan bergegas maju ke muka di celah-celah barisanmu, untuk mengadakan kekacauan di antara kamu; sedang di antara kamu ada orang-orang yang amat suka mendengarkan perkataan mereka. dan Allah mengetahui orang-orang yang zalim.”

Al-Razi menjelaskan bahwa orang munafik seandainya ikut berperang, mereka sama sekali tidak membawa manfaat, sebaliknya malah menimbulkan macam-macam kerusakan, antara lain: pertama, khabal yakni membuat pikiran kacau, keburukan, kerusakan, kebodohan, tipu daya, kesesatan, penghianatan. Dan kedua, fitnah yakni perceraian, kkacauan, kebingunan dan gangguan.
Fitnah juga disebutkan pada ayat selanjutnya at-Taubah [9]: 48 bermaksud membuka kedok kaum munafikdan membongkar rahasia hati mereka, dengan memperingatkan Nabi Saw, dan kaum muslimin tentang niat dan upaya busuk mereka orang-orang munafik sebelum peristiwa tabuk.

                
“Sesungguhnya dari dahulupun mereka Telah mencari-cari kekacauan dan mereka mengatur pelbagai macam tipu daya untuk (merusakkan)mu, hingga datanglah kebenaran (pertolongan Allah) dan menanglah agama Allah, padahal mereka tidak menyukainya.”

Pada ayat lain fitnah bermakna “menggelincirkan” berkaitan dengan orang musyrik yang buta hati mereka, begitu jelas tanda-tanda kekuasan Allah yang menjadi nikmat bagi kehidupan mereka, tapi mereka tidak mau membuka hatinya. Untuk itu Allah memperingatkan agar berhati-hati menghadapi kebutaan hati mereka. Disebutkan dalam Qs. Al-isra’ [17]: 73

              
“Dan Sesungguhnya mereka hampir memalingkan kamu dari apa yang Telah kami wahyukan kepadamu, agar kamu membuat yang lain secara bohong terhadap Kami; dan kalau sudah begitu tentu|ah mereka mengambil kamu jadi sahabat yang setia.”

Dalam hal ini al-Razi mengambil riwayat dari Ibnu Abas bahwa ayat ini turun menyangkut salah satu suku terkemuka masyarakat Mekkah, yakni Tsaqif. Mereka menyatakan kesediaan mereka memelukagama Islam jika Nabi Muhammad Saw menjadikan daerah mereka sebagai tanah haram sebagaimana halnya Mekkah, dan beberapa permintaan lain yang hendaknya Nabi Saw, sampaikan bahwa itu adalah perintah Allah. Selanjutnya al-Razi memahami (ليفتنونك) berbentuk fi’il mudari’, terambil dari kata (الفتن) dan (الفتون) dalam arti menergrlincirkan dan memalingkan menyangkut al-Qur’an. Mereka menginginkan Nabi mengatakan sesuata sesuai kehendak nafsu mereka. Tapi nabi Saw tidk terjerumus tipu daya mereka, karena Allah melindungi dan memelihara beliau.

6. Fitnah Bermakna Gila atau Kesesatan
Gila dalam bahasa Indonesia mempunyai arti sakit ingatan, kurang beres ingatannya, sakit jiwa, syarafnya terganggu dan pikirannya tidak normal. Dalam al-Qur’an kata gila secara langsung menggunakan term (مجنون). Adapun secara tidak langsung menggunakan term (مفتون) yang berbentuk isim maf’ul yang menunjukkan arti isim masydar. Kata ini hanya dapat ditemukan dalam satu ayat al-Qur’an yaitu Qs. al-Qalam [68]: 6
  
“Siapa di antara kamu yang gila.”
Ayat ini sebelumnya berhubungan dengan kaum musyrikin menuduh Nabi Muhammad Saw, gila karena menyampaikan ayat-ayat al-Qur’an yang mengandung kecaman terhadap kepercayaan yang jauh dari kebenaran.
Sebelum menafsirkan al-Razi mengatakan bahwa huruf ba yang tercantum dalam ayat di atas adalah huruf ba silah zaidah (ba sebatas penghubung dan tambahan saja) yang tidak mempunyai implikasi makna. Pendapatnya itu diserupakan dengan firman Allah: تنبت بالدهن (yang menghasilkan minyak) Qs. al-Mukminun [23]: 20 dan selanjutnya didukung oleh syair klasik, tulisannya juga mengatakan bahwa (ب) ba bisa diartikan (فى أي) sehigga yang dimaksud di sini adalah siapakah diantara dua golongan itu yang gila, golonganmu (Muhammad) ataukah golongan mereka (orang-orang kafir). Ada lagi makna lain menurut al-Razi adalah (بأيهم شيطان) nanti mereka akan melihat golongan manakah yang terkena setan sehingga menjadi gila dan kacau pikirannya. Di sinilah al-Razi mengatakan fitnah bermakna kesetanan.

D. Macam-macam Fitnah
1. Fitnah Yahudi dan Nasrani
Fitnah yang dihembuskan musuh-musuh Allah, Yahudi dan Nasrani, senantiasa ada di sepanjang zaman. Hal ini telah di sinyalir dalam al-Qur’an, Allah berfirman dalam Qs. al-Baqarah [2]:120

     •             •                
“Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: "Sesungguhnya petunjuk Allah Itulah petunjuk (yang benar)". dan Sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, Maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.”

Fitnah ini akan terus menerus menguji kaum muslimin kapan saja dan dimanapun mereka berada. Tujuan mereka adalah menceburkan kaum muslimin dalam kubangan kehinaan menjauhkan dari al-Qur’an dan as-Sunnah, serta menanamkan dalam benak kaum muslimin pemikiran-pemikiran dan gaya hidup yang tidak sesuai dengan ajaran Islam.
Tidaklah mengherankan kalau sebagian kaum muslimin yang tidak berpijak di atas dasar (aqidah) yang kuat akan terombang-ambing oleh derasnya fitnah ini. Suatu contoh, kaum muslimin saat ini telah mengikuti langkah-langkah Yahudi yang dikemas dalam bentuk modernisasi. Salah satunya adalah fashion (gaya pakaian) yang tidak senonoh. Seakan-akan kita dipaksa mengikuti trend yang ada dengan dalih modernisasi. Sekali saja kita coba melawan arus, dengan berupaya tetap tegar di atas agama Allah dengan mengenakan pakaian islami (pakaian yang menutup aurat), spontan kita akan dijuluki norak, kampungan, ketinggalan zaman dan sebagainya. Sudah banyak orang Islam yang tidak memiliki pendirian menjadi korban, mereka tersesat arus modernisasi buatan orang kafir.
Rasulullah Saw. bersabda yang artinya: “Sungguh kalian akan mengikuti jalan orang-orang sebelum kalian sejengkal demi sejengkal, sampai sekiranya mereka masuk pada lubang biawak pun pastilah kalian akan mengikuti mereka. Kami (para sahabat) bertanya, ”Wahai Rasulullah, apakah mereka itu dari golongan Yahudi dan NAsrani?” Rasulullah menjawab, “Kalau bukan mereka siapa lagi..”

Hadits ini memberi gambaran, begitu rentannya kondisi kaum muslimin di akhir zaman. Umat Islam telah banyak yang mengikuti langkah Yahudi dan Nasrani. Yang lebih tragis lagi, mereka menjadikan orang-orang Yahudi dan Nasrani sebagai kiblat dalam segala aspek kehidupan. Sebagai umat Islam kita berlindung kepada Allah dari makar serta tipu daya musuh-musuh Allah.

2. Fitnah Kebodohan dan Kemaksiatan
Kebodohan dan kemaksiatan akan menjadi ujian dan cobaan bagi umat Islam yang harus diwaspadai. Lebih-lebih pada zaman yang telah tua ini, dimana kemaksiatan telah merajalela.
Rasulullah Saw. bersabda:
ان بين يدي الساعة لأيما ينزل فيها الجهل ويرفع فيها العلم ويكثر فيها الهرج
“Sesungguhnya mendekati datangnya hari kiamat benar-benar ada hari yang di dalamnya tumbuh kebodohan, diangkatnya ilmu, dan banyaknya pembunuhan.”
Faedah yang dapat kita ambil dari hadits di atas antara lain: Pertama, tatkala ilmu telah diangkat dan diwafatkannya para ulama. Dengan berkurangnya ulama itulah akan bermunculan orang-orang bodoh yang mengaku ulama. Kedua, sebagian ulama member makna “al-Harj” pada hadits di atas dengan banyaknya pembunuhan, ikhtilath, fitnah di akhir zaman, banyaknya kedustaan dan tiadanya perhatian serius terhadap suatu hal.

3. Fitnah Diabaikannya Amanah (Anak)
Anak merupakan sebuah amanah yang diberikan Allah kepada manusia untuk dipelihara dan dijaga sebaik mungkin. Dimana suatu saat nanti akan dikembalikan kepada yang telah memberikan amanah tersebut yakni Allah Swt. Sebagai orang tua yang diberi amanah, maka wajib memenuhi kebutuhan anak selama anak tersebut masih menjadi tanggungannya, memberikan yang terbaik kepada anak-anaknya pendidikan, pangan, kebutuhan sehari-hari dan sebagainya. Orang tua juga harus mempersiapkan anak-anaknya menjadi anak yang baik, sholih-shilihah, dan berbakti kepada orang tua bangsa dan Negara.
Namun tak sedikit orang tua yang tidak sukses dalam menjaga amanahnya, disamping tak sedikit pula orang tua yang sukses mendidik anaknya menjadi anak yang baik. Sehingga muncullah generasi-generasi yang menyimpang dari syari’at agama maupun aturan Negara. Ini merupakan fitnah diabaikannya amanah yang harus diwaspadai pada saat ini.
Rasulullah Saw. bersabda, yang artinya: “Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah Saw. bersabda: “Jika amanah telah disia-siakan maka tunggulah hari kiamat”. Abu Hurairah bertanya, “Bagaimana (bentuk) menyia-nyiakan amanah?” Beliau menjawab,”Jika suatu perkara diserahkan kepada bukan pada ahlinya maka tunggulah kehancurannya”. (HR, Bukhori)

Cukuplah bagi kita hadits di atas untuk mengetahui bagaimana fitnah dalam bentuk amanah ini telah disia-siakan beguti saja. Kita memohon kepada Allah agar dijadikan hamba-hamba yang dapat memikul serta mengemban amanah dengan baik.

4. Fitnah Harta
Fitnah harta termasuk bentuk fitnah yang sangat dasyat yang dikhawatirkan Rasulullah Saw. Pada saat dimana dakwah sudah memasuki wilayah Negara, maka fitnah harus semakin diwaspadai. Karena pintu-pintu perbendaharaan harta sudah sedemikian rupa terbuka lebar. Kegemaran main dan beraktifitas di hotel, berganti-ganti mobil dan membeli mobil mewah, berlomba-lomba membeli atau mambuat rumah yang mewah dan berlebih-lebihan dengan perabot rumah tangga, lebih asyik bertemu dengan teman yang memiliki level sama dan para pejabat lainnya adalah beberapa fenomena fitnah harta.
Yang lebih parah lagi fitnah harta tidak hanya banyak diderita oleh para pejabat saja, tetapi banyak juga para aktivis dakwah yang terserang oleh penyakit fitnah harta ini. Banyak diantara mereka yang menjadikan dakwah sebagai dagangan pokok. Segala sesuatu mengatasnamakan dakwah. Berbuat untuk dan atas nama dakwah, menerima hadiah atas nama dakwah, menerima dana dan sumbangan atas nama dakwah. Mendekat kepada penguasa dan menjilat pada mereka atas nama dakwah dan sebagainya.
Dalam konteks ini Rasulullah Saw. dan para sahabatnya pernah ditegur keras oleh Allah Swt. karena memilih mendapatkan ghonimah dan tawanan perang, padahal itu semua dengan pertimbangan dakwah dan bukan atas nama dakwah. Kejadian ini termaktub dalam al-Qur’an Qs. al-Anfal [8]: 67-68,
                                 
67. Tidak patut, bagi seorang nabi mempunyai tawanan sebelum ia dapat melumpuhkan musuhnya di muka bumi. kamu menghendaki harta benda duniawiyah sedangkan Allah menghendaki (pahala) akhirat (untukmu). dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.
68. Kalau sekiranya tidak ada ketetapan yang Telah terdahulu dari Allah, niscaya kamu ditimpa siksaan yang besar Karena tebusan yang kamu ambil.

5. Fitnah Wanita
Dasyatnya fitnah wanita telah disebutkan dalam al-Qur’an dan al-Hadits. Bahkan surat Ali Imran [3]: 14 menempatkan wanita sebagai urutan pertama yang banyak dicintai oleh manusia dan pada saat yang sama menjadi fitnah yang paling berbahaya bagi manusia. Rasulullah Saw, bersabda yang artinya: “Tidaklah aku tinggalkan fitnah yang lebih besar bagi kaum lelaki melebihi fitnah wanita”. (HR. Bukhari dan Muslim)
Fitnah wanita dapat menimpa siapa saja dari seluruh tingkatan level manusia, baik dari kalangan pemimpin maupun rakyat biasa. Sejarah telah membuktikan kenyataan tersebut. Banyak para pemimpin dunia yang jatuh karena faktor fitnah wanita. Bahkan salah satu hadits yang familier dalam Islam, yaitu hadits tentang niat, sebab keluarnya karena sebab seorang yang hijrah ke Madinah hanya karena wanita yang ingin dinikahi juga ikut berhijrah.
Banyak sekali bentuk fitnah wanita, jika para wanita itu istri maka banyakpara istri yang memalingkan suaminya dari ibadah, dakwah dan amal shalih. Jika wanita itu bukan sebagai istrinya, maka fitnah dapat berbentuk persilingkuhan dan perzinaan. Fitnah inilah yang sangat dasyat yang menimpa banyak umat Islam.


E. Penutup
Berdasarkan uraian tersebut di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa lafadz “fitnah” mempunyai beragam makna yaitu: bisa berarti ujian dan cobaan, kufur dan syirik, adzab dan membakar, kerusakan dan kesesatan, kekacauan dan menggelincirkan, gila dan kesesatan. Sebelum mengalami perkembangan makna fitnah diartikan sebagai ujian dan cobaan, atau bencana apapun (termasuk kecaman batin) yang hakekatnya adalah ujian.
Fitnah yang dialami umat manusia bermacam-macam diantaranya, fitnah Yahudi dan Nasrani, yang terus menerus menguji kaum muslimin dimana pun dan kapan pun. Fitnah kebodohan dan kemaksiatan, fitnah diabaikannya amanah, contohnya adalah seorang anak, dimana ia merupakan sebuah amanah yang seringkali diabaikan oleh manusia. Fitnah harta, yang bisa saja terjadi pada manusia dalam segala tingkatan, kemudian fitnah wanita, dimana fitnah ini merupakan fitnah yang dasyat bagi kaum laki-laki maupun wanita sendiri. Kesemua jenis-jenis fitnah yang telah dipaparkan di atas sangat berbahaya dan harus diwaspadai bagi seluruh umat Islam khususnya.
Perlu diketahui bahwa fitnah tidak hanya berupa hal-hal yang negatif saja, Fitnah juga bisa berupa nikmat yang bisa membuat manusia lalai apabila mereka tidak sadar bahwa semua itu adalah sebuah ujian. Namun dalam makalah ini penulis lebih banyak mengulas tentang bahayanya fitnah yang berupa hal-hal negatif.
Akhirnya, demikianlah pemaparan mengenai tafsir lafadz fitnah yang dapat penulis sampaikan. Penulis sadar bahwa makalah ini masih jauh dari kata sempurna. Namun setidaknya penulis telah berusaha untuk memberikan uraian yang jelas supaya mudah dipahami dan dimengerti. Oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat diharapkan demi kesempurnan penyajian makalah ini.

Wallahu A’lam bi ash-Showab.




































DAFTAR PUSTAKA

Tim Penyusun. Ensiklopedi al-Qur’an Dalam Dunia Islam Modern (Yogyakarta: Dana Bakti Prima Yasa, 2005)
Al-Hanafi, Abi al-Hasan Ali bin Muhammad bin Ali al-Husaini al-Jurjani. Al-Ta’rifat (Beirut: Dar al-Kutub al-ilmiyyah, t.t.), Cet 2.
Abu Faris, Abdul Qadir. Ujian, Cobaan Fitnah dalam Da’wah, (Jakarta: Gema Insani Press, 1992).
Depdikbud RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pustaka, 2001), hlm. 318.
Shihab, Quraish. (dkk). Ensiklopedia al-Qur’an; Kajian Kosa Kata (Jakarta: Lentera Hati, 2007), Cet 1, .
Al-Razi, al-Tafsir al-Kabir al-Gaib…, (CD Room Maktabah Syamilah)
Al-Asfahani, Al-Ragib. Mufradat Alfadz al-Qur’an (Damaskus: Dar al-Qalam, 2002), cet ke-3.
Al-Bukhari, Muhammad ibn Ismail ibn Ibrahim. Shahih Bukhari. CD Room Maktabah Syamilah.
Al-Naisaburi, Muslim ibn al-Hajjaj. Shahih Muslim. CD Room Maktabah Syamilah.
Al-Asqalani, ibn Hajar. Fathul Bari, Syarah Bukhari, babFitan. CD Room Maktabah Syamilah.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar