Thursday, December 16, 2010

Agama Kristen


      KRISTEN
         Agama Kristen (atau juga Kekristenan) adalah sebuah kepercayaan yang berdasar pada ajaran Yesus Kristus atau Isa Almasih. Agama ini percaya bahwa Yesus Kristus adalah Tuhan dan Mesias, juru selamat bagi seluruh umat manusia, yang menebus manusia dari dosa. Mereka beribadah di gereja dan Kitab Suci mereka adalah Alkitab.
         Agama Kristen termasuk salah satu dari agama Abrahamik yang berdasarkan hidup, ajaran, kematian dengan penyaliban, dan kebangkitan Yesus dari Nazaret sebagaimana dijelaskan dalam Perjanjian Baru. Umat Kristen percaya bahwa Yesus adalah Mesias yang dinubuatkan dalam dari Perjanjian Lama (atau Kitab suci Yahudi). Kekristenan adalah monoteisme, yang percaya akan tiga pribadi (secara teknis dalam bahasa Yunani hypostasis) Tuhan atau Tritunggal.
         Orang yang memeluk agama Kristen percaya bahwa Yesus Kristus atau Isa Almasih adalah Tuhan dan Juru selamatnya, dan memegang teguh setiap ajaran yang disampaikan Yesus Kristus.
         Penganut agama Kristen juga percaya pada janji Yesus Kristus yang akan datang pada kedua kalinya sebagai Raja dan Hakim akan dunia ini. Sebagaimana agama Yahudi, mereka menjunjung ajaran moral yang tertulis dalam Sepuluh Perintah Tuhan.
         Murid-murid Yesus Kristus untuk pertama kalinya disebut Kristen ketika mereka berkumpul di Antiokia (Kisah Para Rasul: 11: 26c).
         Gereja Kristen mengalami dua kali perpecahan yang besar: yang pertama terjadi pada tahun 1054 antara Gereja Katolik Timur (Ortodoks Timur) dengan Gereja Katolik (Barat) yang berpusat di Roma (Gereja Katolik Roma). Yang kedua terjadi antara Gereja Katolik dengan Gereja Protestan pada tahun 1517 ketika Martin Luther memprotes ajaran Gereja yang dianggapnya telah menyimpang dari kebenaran.
         Banyak denominasi Gereja kini menyadari bahwa perpecahan itu justru menyimpang dari pesan Yesus yang mendoakan kesatuan di antara para pengikutnya (lihat Injil Yohanes 17:20-21, "Dan bukan untuk mereka ini saja Aku berdoa, tetapi juga untuk orang-orang, yang percaya kepada-Ku oleh pemberitaan mereka; supaya mereka semua menjadi satu, sama seperti Engkau, ya Bapa, di dalam Aku dan Aku di dalam Engkau, agar mereka juga di dalam Kita, supaya dunia percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku.") Doa ini kemudian menjadi dasar dari gerakan ekumenisme yang dimulai pada awal abad ke-20.
       CABANG-CABANG UTAMA
         Agama Kristen termasuk banyak tradisi agama yang bervariasi berdasarkan budaya, dan juga kepercayaan dan aliran yang jumlahnya ribuan. Selama dua milenium, Kekristenan telah berkembang menjadi tiga cabang utama:
vKatolik Roma (denominasi tunggal terbesar, dengan satu milyar penganut)
vProtestanisme (banyak denominasi dan pemikir, termasuk Anglikan, Calvinisme, Lutheran, dan Methodis, dll.)
vOrtodoks Timur
         Selain itu ada pula berbagai gerakan baru seperti Bala Keselamatan, Gereja Advent, Pentakostalisme, Gerakan Karismatik, serta berbagai aliran yang muncul pada akhir abad ke-19 maupun abad ke-20, dll. (lihat Denominasi Kristen).
      KATOLIK

        Kata catholicism dalam bahasa Inggris memiliki dua arti eklesiastikal, dijelaskan dalam Kamus Webster sebagai:
a) Seluruh gereja Kristen ortodoks
b) doktrin atau keyakinan kepada Gereja Katolik Roma,
        Istilah ini berasal dari ajektiva Bahasa Yunani καθολικος (katholikos), yang berarti "umum" atau "universal" atau "keseluruhan".
        SEJARAH SINGKAT GEREJA KRISTEN

         Awal gereja Kristen di bawah aturan lima daerah, yaitu Yerusalem, Antiokia, Aleksandria, Konstantinopel, dan Roma. Uskup Roma dikenal oleh 5 daerah sebagai "yang pertama", permasalahan dengan doktrin dan prosedur banyak mengambil Roma sebagai masukan pendapat.
         Perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja sebagai lembaga tercatat sebagai berikut:
v  Perpecahan pertama pada gereja terjadi pada saat Konsili Efesus (431), yang menyatakan status Perawan Maria sebagai Theotokos (Bunda Allah). Kebanyakan yang menolak hasil keputusan ini adalah Kristen Persia, gereja yang sekarang dikenal sebagai Gereja Asiria Timur.
v  Perpecahan berikut terjadi setelah Konsili Khalsedon (451). Konsili ini menolak monofisit. Kristen yang menolak ini dikenal sebagai Komuni Oriental Ortodoks.
v  Perpecahan besar pertama dalam Gereja Katolik terjadi pada abad 11. Masalah perbedaan doktrin tentang rumusan Pengakuan Iman Nicea-Konstantinopel (lihat filioque) dan perebutan kekuasaan duniawi adalah penyebab utamanya. Gereja Katolik pun terbagi menjadi dua, yaitu "Barat" dan "Timur". Inggris, Prancis, Roma dan negara-negara Skandinavia termasuk Gereja "Barat" (Gereja Katolik Roma). Sedangkan Yunani, Rusia, Suriah, Mesir termasuk dalam Gereja "Timur" (Gereja Ortodoks). Perpecahan ini dikenal sebagai Skisma Barat-Timur.
v  Perpecahan terbesar yang terakhir dalam Gereja Katolik Roma terjadi pada abad ke-16 dengan adanya Reformasi Protestan yang melahirkan Gereja-Gereja Protestan.
v  Perpecahan terakhir terjadi ketika Raja Henry VIII dari Inggris memisahkan seluruh gereja-gereja di kerajaannya dari persekutuan dengan Paus karena permintaannya untuk menikah kembali sementara istrinya masih hidup ditolak. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai Gereja Anglikan.
         Seluruh grup di atas kecuali Protestan masih menyebut persekutuan mereka sebagai Katolik. Dewasa ini, semakin banyak Gereja-Gereja Timur yang kembali ke dalam persekutuan penuh dengan Roma, namun dengan tetap mempertahankan tata cara beribadah mereka. Kelompok ini dikenal dengan sebutan Gereja Katolik ritus Timur.
         Gereja Katolik Roma
         Grup terbesar yang menyebut diri mereka sebagai Katolik adalah Gereja Katolik Roma. Kata Roma dipakai karena Gereja Katolik ini menganggap Paus yang berkedudukan di Roma sebagai kepala gereja.

       GEREJA KATOLIK ROMA
          Gereja Katolik Roma atau Gereja Katolik (lihat terminologi di bawah atau Katolik untuk penjelasan yang lebih detil tentang "Gereja Katolik") adalah Gereja Kristen dalam persekutuan penuh dengan Uskup Roma, saat ini dijabat Paus Benediktus XVI. Paus yang menjabat saat ini adalah Benediktus XVI (terlahir Joseph Alois Ratzinger), yang terpilih pada usia 78 tahun pada tanggal 19 April 2005.
          Gereja katolik berasal dari komunitas Kristiani perdana yang didirikan oleh Yesus Kristus dan dipimpin oleh Keduabelas Rasul, khususnya Santo Petrus.
          Gereja Katolik merupakan Gereja Kristen terbesar dan organisasi keagamaan terbesar di dunia. Menurut Buku Tahunan Statistik Gereja katolik, keanggotaannya di seluruh dunia pada akhir tahun 2004 berjumlah 1.098.366.000 atau kira-kira satu dari enam orang di dunia beragama Katolik.
          Gereja Katolik merupakan sebuah organisasi sedunia yang terdiri atas satu Gereja partikuler Ritus Latin dan 22 Gereja Partikuler Ritus Timur, semuanya mengakui Tahta Suci di Roma sebagai otoritas tertingginya di muka bumi. Gereja Katolik terbagi-bagi dalam wilayah-wilayah yurisdiksi, biasanya atas dasar teritorial. Satu unit teritorial standar disebut diosis (di Indonesia disebut keuskupan) dalam ritus Latin atau eparki dalam ritus-ritus Timur, masing-masing dikepalai seorang uskup. Pada akhir tahun 2005, jumlah total seluruh wilayah yurisdiksi tersebut adalah 2.770.
        PAUS
          Paus (dari Bahasa Latin: papa, bapak; dari Bahasa Yunani:
         pappas / πάππας, bapak) adalah Uskup Roma, penerus
         Santo Petrus, dan kepala Gereja Katolik. Jawatan Paus
         disebut Kepausan; yurisdiksi gerejawinya disebut Tahta Suci
         (Sancta Sedes dalam Bahasa Latin) atau Tahta Apostolik
         (didasarkan atas hikayat kesyahidan Santo Petrus dan Santo
         Paulus di kota Roma).
          Para uskup terdahulu yang menduduki Tahta Keuskupan Roma digelari Wakil Petrus; di kemudian hari para Paus diberi gelar yang lebih berwibawa yakni Wakil Kristus; gelar ini pertama kali digunakan oleh Sinode Romawi pada tahun 495 untuk menyebut Sri Paus Gelasius I, seorang penganjur supremasi kepausan di antara para patriark. Menurut sumber-sumber yang ada, Marcellinus (wafat 304) adalah Uskup Roma pertama yang menggunakan gelar Paus. Paus adalah seorang uskup Katolik dan patriark Roma, serta kepala Gereja Katolik baik ritus Barat maupun ritus Timur. Selain memegang peranan dalam bidang kerohanian, Sri Paus juga adalah Kepala Negara dari Negara Kota Vatikan yang merdeka dan berdaulat, sebuah negara-kota dan negeri yang dikelilingi setiap sisinya oleh kota Roma, ibukota negara Italia. Sebelum tahun1870 wewenang sementara dari Paus meliputi suatu wilayah yang luas di Italia tengah: daerah teritorial Negara Kepausan. Kepausan memegang kedaulatan penuh atas Negara Kepausan sampai penyatuan Italia pada tahun 1870; kesepakatan politik yang final dengan pemerintah Italia tidak tercapai hingga perjanjian Lateran pada tahun 1929.
       SAKRAMEN
         Sakramen adalah ritus Agama Kristen yang menjadi perantara (menyalurkan) rahmat ilahi. Kata 'sakramen' berasal dari Bahasa Latin sacramentum yang secara harfiah berarti "menjadikan suci". Salah satu contoh penggunaan kata sacramentum adalah sebagai sebutan untuk sumpah bakti yang diikrarkan para prajurit Romawi; istilah ini kemudian digunakan oleh Gereja dalam pengertian harfiahnya dan bukan dalam pengertian sumpah tadi.
         Katolik Barat Tradisional mempunyai tujuh sakramen. Dalam tradisi Katolik Timur jumlah sakramen ini tidak tetap. Adapun sakramen yang diakui oleh Gereja Katolik Roma sebagai berikut:
ü Baptis (Permandian)
ü Penguatan (Sakramen Krisma)
ü Ekaristi (Komuni Suci)
ü Pengakuan dosa ( Sakramen Tobat )
ü Pengurapan orang sakit ( Sakramen Minyak Suci )
ü Imamat
ü Pernikahan
         Dalam ajaran Katolik, sakramen adalah berkat dari Kristus.
       ARTI PENTING SAKRAMEN
         Umat Kristiani umumnya percaya bahwa sakramen secara langsung mempengaruhi keadaan jiwa di alam baka. Sinode Missouri dari Gereja Lutheran menitikberatkan sakramen Pembaptisan. Mereka kerap sependapat dengan Santo Agustinus dari Hippo bahwa semua orang yang tidak dibaptis akan masuk ke neraka bila meninggal dunia, bahkan juga bayi. Di lain pihak, umat Katolik diizinkan percaya bahwa bayi-bayi yang meninggal tanpa dibaptis masuk ke limbo. Jika Gereja Protestan menitikberatkan Pembaptisan, umat Katolik justru percaya bahwa sakramen-sakramen lainnya juga diperlukan untuk mencegah agar umat beriman jangan sampai masuk ke neraka. Rekonsilisasi, misalnya, diperlukan bila seseorang telah berbuat dosa yang membawa maut (zinah, membunuh, cabul, tidak menghadiri Misa pada hari minggu karena keinginan sendiri, memberikan kesaksian palsu, tidak beriman, penggunaan alat kontrasepsi) seperti melewatkan Ekaristi tanpa alasan yang benar. Dalam Gereja Katolik, sakramen-sakramen dapat pula mengurangi penderitaan seseorang di purgatorium (api penyucian).
      BAPTIS
         Dalam agama tertentu seperti Kristen, Mandaeanisme, Sikhisme, dan beberapa sekte kuno agama Yahudi, baptisan adalah ritual pemurnian dengan menggunakan air. Kata baptis berasal dari bahasa Yunani βάπτειν, yang arti longgarnya "berendam atau mandi" tapi lebih tepatnya berarti "Berendam di air seluruhnya, sampai air menutupnya."
         Baptisan dikenal sebagai ritual inisiasi Kristen yang melambangkan pembersihan dosa. Baptisan juga melambangkan kematian bersama Yesus. Dengan masuk ke dalam air, orang yang dibaptiskan itu dilambangkan telah mati. Ketika ia keluar lagi dari air, hal itu digambarkan sebagai kebangkitannya kembali. Rasul Paulus dalam Surat Roma melukiskannya demikian: "Atau tidak tahukah kamu, bahwa kita semua yang telah dibaptis dalam Kristus, telah dibaptis dalam kematian-Nya? Dengan demikian kita telah dikuburkan bersama-sama dengan Dia oleh baptisan dalam kematian, supaya, sama seperti Kristus telah dibangkitkan dari antara orang mati oleh kemuliaan Bapa, demikian juga kita akan hidup dalam hidup yang baru." (Roma 6:3-4)
         Ritual Kristen ini dimulai oleh Yohanes Pembaptis, yang menurut Alkitab membaptis Yesus di Sungai Yordan.
       CARA BAPTISAN

         Pembaptisan dilakukan dengan air, namun ada berbagai-bagai cara yang masing-masing tergantung pada denominasi gerejanya.
         Yang paling umum pembaptisan dilakukan dengan memercikkan air di kepala oleh seorang pastor (romo) atau imam, yang mengucapkan formula, "Dalam nama Bapa, dan Putera, dan Roh Kudus, Amin."Gereja Katolik Roma dan banyak aliran di kalangan Gereja Protestan mempraktekkan baptisan anak karena mereka meyakini bahwa Yesus mengundang anak-anak untuk datang kepadanya (lih. Injil Markus 10:13-16, dll.).
         Namun ada pula gereja-gereja yang hanya membaptiskan orang dewasa yang telah mengaku percaya, mis. Gereja-gereja Pentakosta dan Gereja Baptis. Biasanya gereja-gereja ini juga mempraktekkan baptisan selam. Dalam hal ini, pendeta bersama calon baptisan masuk ke dalam sebuah kolam dan kemudian orang yang dibaptiskan itu diselamkan ke dalam air.

       PENGUATAN & EKARISTI

         Dalam gereja Katolik Roma, penguatan adalah salah satu dari tujuh sakramen.
         Penguatan dipandang sebagai pemberian sumber kebijakan, pengetahuan dan keberanian bagi penerima, bila penerima menginginkannya dengan hati terbuka. Dan penguatan adalah pemenuhan dari kata Kristus yang berkata "Dan kau akan tahu kebenaran" (Yohanes 8:32).
         EKARISTI adalah suatu sakramen penkonsekrasian roti dan anggur. Istilah Ekaristi biasanya digunakan oleh Gereja Katholik, Anglikan, Ortodoks Timur dan Luteran, dan berdasar dari bahasa Yunani ευχαριστω, yang berarti berterima kasih atau bergembira.
         Gereja Protestan biasanya menggunakan istilah Perjamuan Kudus.
       PENGAKUAN DOSA
         Pengakuan dosa adalah sebuah sakramen dalam gereja Katolik Roma, di Indonesia sakramen ini dilakukan oleh warga Katolik setidak-tidaknya satu kali dalam satu tahun, hal ini sesuai dengan lima perintah Gereja.
         Secara praktek, pada masyarakat Indonesia, Gereja membuka kesempatan seluas-luasnya soal waktu pengakuan dosa, namun kegiatan diadakan secara massal menjelang hari raya Natal dan Paskah. Sakramen ini dilaksanakan agar umat katolik merasa siap, terutama secara rohaniah untuk menyambut hari raya Natal ataupun Paskah.
         Teknis dari pelaksanaan pengakuan dosa di Indonesia tidak seperti yang dilakukan di film-film barat pada umumnya, melainkan kita diberi semacam teks panduan bagaimana langkah-langkah mengaku dosa (sering juga disebut dengan istilah bertobat). Teks tersebut kurang lebih berisi pertanyaan, kapan terakhir kali bertobat, dosa yang akan diakui, dan teks doa tobat, dan kerahasiaan dari dialog ritual pengakuan dosa tersebut dijamin kerahasiaannya.
       IMAMAT & PERKAWINAN
       IMAMAT adalah sakramen yang memberikan seorang kekuasaan untuk melanjutkan imamat Kristus (imamat kudus diberikan dengan penumpangan tangan di atas kepala dan doa uskup )
       PERKAWINAN dalam Katolik wajib dikuduskan. Dalam sakramen perkawinan sebelum pengantin menerima sakramen, ia terlebih dahulu menerima sakramen pengakuan.
       PERBEDAAN ANTARA
KATOLIK DAN PROTESTAN
         Protestan tidak mengenal tokoh-tokoh seperti paus dan para pendeta yaitu orang suci yang diibadati dan dapat menerima penebusan dosa. Sedangkan katolik menganggap bahwa paus dan pendeta berhak menerima penebusan dosa dengan pembayaran yang disukainya.
         Katolik melarang imam-imamnya atau pendeta-pendetanya untuk kawin , sedangkan protestan tidak.
         Protestan tidak mau mengakui paus,dengan demikian meniadakan instansi-instansi yang menyatukan itu, sedangkan katholik mengorganisir gereja katholik dan semua penganutnya tunduk kepada seorang imam ( paus) di roma.
         Antara orang biasa dan pendeta-pendeta dalam perjamuan suci ( misa suci) bagi kaum protestan haknya sama, sedangkan katholik tidak , yakni ada perbedaan.
         Protestan memberikan kebebasan bagi pemeluk-pemeluknya untuk menafsirkan Bijbel yang menjadi pengantar kebenaran walaupun sampai kepada hak-hak yang mengenai kepercayaan .
       KATOLIK SEBAGAI PELAJARAN
         Katolik adalah agama, dan juga dipelajari dalam ilmu teologi dan filsafat.
       JUMLAH UMAT DI INDONESIA
         Pada 2005, sekitar 3,05%7.380.203 dari 241.973.879 penduduk Indonesia, beragama Katolik.


No comments:

Post a Comment

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Advertise

Contact Us

n