Kaidah Tazkir dan Ta' Ta'nis

Admin Sunday, November 14, 2010
Kaidah tadzkir dan ta’nits
            Dalam gramatika Arab dibedakan antara kata untuk menyebutkan perempuan (mu’annats) dan kata untuk menyebutkan laki-laki (mudzakkar) . hal ini berfungsi untuk mengidentifikasi khitab atau yang di tuju oleh sebuah pernyataan.
            Azizah Fawal menyebutkan beberapa tanda mu’annats, antara lain sebagai berikut:[1]
1.      Ta’ marbuthoh ( ة ) di akhir kata benda (isim).
Pada asalnya ta’ marbuthoh itu masuk pada isim sifat untuk membedakan antara mudzakar dan mu’annats, contoh:
ضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ كَفَرُوا اِمْرَأَةَ نُوحٍ وَامْرَأَةَ لُوطٍ كَانَتَا تَحْتَ عَبْدَيْنِ مِنْ عِبَادِنَا صَالِحَيْنِ فَخَانَتَاهُمَا فَلَمْ يُغْنِيَا عَنْهُمَا مِنَ اللَّهِ شَيْئًا وَقِيلَ ادْخُلَا النَّارَ مَعَ الدَّاخِلِينَ (10) وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِلَّذِينَ آَمَنُوا اِمْرَأَةَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِنْدَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِنْ فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ (11)
Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth sebagai perumpamaan bagi orang-orang kafir. keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat[1487] kepada suaminya (masing-masing), Maka suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): "Masuklah ke dalam Jahannam bersama orang-orang yang masuk (jahannam)".
Tetapi kadang-kadang ta’ marbuthoh itu berfungsi:[2]
a.       Untuk menyatakan satu, sebuah, seekor. Seperti: عنبة, شجرة
b.      Untuk mubalaghah (berpengertian lebih), contoh: راوية, نابغة (ahli riwayat)


[1] Muhammad Chirzin, Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an (Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 1998). hlm. 222-223.
[2] Hifni Bek Dayyab dkk, Kaidah Tata Bahasa Arab terj. Chatibul Umam dkk (Jakarta; Darul Ulum Press, 2007). Hlm. 180-181.

loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar