HADITS NABI TENTANG RUKUN ISLAM

Admin Wednesday, December 15, 2010

(Studi Kritik Sanad dan Matan atas Hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar)

A.    Pendahuluan
Islam adalah agama Samawi terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad saw. Yang diyakini akan membawa keselamatan baik di dunia maupun di akhirat. Pilar-pilarnya terangkum dalam Rukun Islam. Sedangkan rukun islam tersebut merupakan pilar agama yang sangat penting. Dengan menjalankan kelima rukun islam inilah diharapkan bagi setiap mereka yang telah mengikrarkan diri masuk islam menjadi muslim yang sejati. Dengan menjalankan rukun islam itu mereka diharapkan tidak hanya menjalankan secara formalitas saja, namun lebih jauh juga dapat menggali nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan selanjutnya mereka “bumikan” secara konkrit dalam kehidupan nyata. Dalam kajian sederhana ini,  yang akan diteliti adalah hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar, Bab al-Imān, No. 7:
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى قَالَ أَخْبَرَنَا حَنْظَلَةُ بْنُ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
Ubaidillāh telah mencertakan kepada kami, Khanẓolah bin Abi Sufyān telah mengkhabarkan kepada kami, dari Ikrimah bin Khālid, dari Ibnu Umar, Rasūlullāh saw bersabda, “Islam ditegakkan atas lima perkara, yaitu mengesakan Allah (mengucapkan syahādāt), mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, melaksanakan haji dan berpuasa pada bulan Ramadhan.”
Dalam makalah singkat ini, penulis akan melakukan kajian terhadap hadits diatas. Kajian tersebut meliputi Takhrīj al-Hadīts, I’tibār al-Sanād, Kritik Sanad (Naqd al-Sanad), dan Kritik Matan (Naqd al-Matn). Harapan penulis, kajian sederhana ini dapat bermanfaat bagi semua yang berkenan membacanya. Amiin!



B.     Takhrīj al-Hadīts
Langkah awal dalam melakukan penelitian sanad maupun matan hadits adalah dengan melalui Takhrīj al-Hadīts, yaitu sebuah penelusuran dan pencarian hadits dari berbagai kitab hadits yang merupakan sumber asli dari hadits yang sedang diteliti, yang mana didalam kitab tersebut dikemukakan secara lengkap sanad maupun matan hadits yang sedang diteliti.[1] Dan jika perlu maka dijelaskan juga tentang derajat hadits tersebut.[2]
Berdasarkan penelusuran terhadap beberapa kitab hadits yang terhimpun dalam al-Kutūb al-Tis’ah, maka ditemukan beberapa jalur periwayatan yang lain dari hadits yang diriwayatkan Imam Bukhārī dari Ibnu Umar, diantaranya:
1.      Sahīh Muslim, Bab al-Īman, No. 19
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ الْهَمْدَانِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو خَالِدٍ يَعْنِي سُلَيْمَانَ بْنَ حَيَّانَ الْأَحْمَرَ عَنْ أَبِي مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ عَنْ سَعْدِ بْنِ عُبَيْدَةَ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسَةٍ عَلَى أَنْ يُوَحَّدَ اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ فَقَالَ رَجُلٌ الْحَجُّ وَصِيَامُ رَمَضَانَ قَالَ لَا صِيَامُ رَمَضَانَ وَالْحَجُّ هَكَذَا سَمِعْتُهُ مِنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
2.      Sāhih Muslim, Bab al-Īman, No. 20
و حَدَّثَنَا سَهْلُ بْنُ عُثْمَانَ الْعَسْكَرِيُّ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ زَكَرِيَّاءَ حَدَّثَنَا سَعْدُ بْنُ طَارِقٍ قَالَ حَدَّثَنِي سَعْدُ بْنُ عُبَيْدَةَ السُّلَمِيُّ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ عَلَى أَنْ يُعْبَدَ اللَّهُ وَيُكْفَرَ بِمَا دُونَهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
3.      Sahīh Muslīm, Bab al-Īman, No.  21
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُعَاذٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا عَاصِمٌ وَهُوَ ابْنُ مُحَمَّدِ بْنِ زَيْدِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ عَبْدُ اللَّهِ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
4.      Sahīh Muslīm, Bab al-Īman, No. 22
و حَدَّثَنِي ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا حَنْظَلَةُ قَالَ سَمِعْتُ عِكْرِمَةَ بْنَ خَالِدٍ يُحَدِّثُ طَاوُسًا أَنَّ رَجُلًا قَالَ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَلَا تَغْزُو فَقَالَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ الْإِسْلَامَ بُنِيَ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَحَجِّ الْبَيْتِ
5.      Sunan at-Turmudzī, Bab al-Īman  ‘An Rasūlillāh, No.  2534
حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عُمَرَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ سُعَيْرِ بْنِ الْخِمْسِ التَّمِيمِيِّ عَنْ حَبيِبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَفِي الْبَاب عَنْ جَرِيرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رُوِيَ مِنْ غَيْرِ وَجْهٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَ هَذَا وَسُعَيْرُ بْنُ الْخِمْسِ ثِقَةٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ حَنْظَلَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ الْجُمَحِيِّ عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ الْمَخْزُومِيِّ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَحْوَهُ قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ
6.      Sunan an-Nasā’i, Bab al-Īman Wa Syarī’ihi, No.  4915
أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمَّارٍ قَالَ حَدَّثَنَا الْمُعَافَى يَعْنِي ابْنَ عِمْرَانَ عَنْ حَنْظَلَةَ بْنِ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَجُلًا قَالَ لَهُ أَلَا تَغْزُو قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصِيَامِ رَمَضَانَ
7.      Musnad Ahmad, Bab Musnad al-Mukassirīn Min al-Shahābah, No. 4567
حَدَّثَنَا وَكِيعٌ عَنْ سُفْيَانَ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ سَالِمِ بْنِ أَبِي الْجَعْدِ عَنْ يَزِيدَ بْنِ بِشْرٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ قَالَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ قَالَ فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ وَالْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ قَالَ ابْنُ عُمَرَ الْجِهَادُ حَسَنٌ هَكَذَا حَدَّثَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ



8.      Musnad Ahmad, Bab  Musnad al-Mukassirīn Min al-Shahābah, No.  5414
حَدَّثَنَا أَبُو النَّضْرِ حَدَّثَنَا أَبُو عَقِيلٍ عَنْ بَرَكَةَ بْنِ يَعْلَى التَّيْمِيِّ حَدَّثَنِي أَبُو سُوَيْدٍ الْعَبْدِيُّ قَالَ أَتَيْنَا ابْنَ عُمَرَ فَجَلَسْنَا بِبَابِهِ لِيُؤْذَنَ لَنَا فَأَبْطَأَ عَلَيْنَا الْإِذْنُ قَالَ فَقُمْتُ إِلَى جُحْرٍ فِي الْبَابِ فَجَعَلْتُ أَطَّلِعُ فِيهِ فَفَطِنَ بِي فَلَمَّا أَذِنَ لَنَا جَلَسْنَا فَقَالَ أَيُّكُمْ اطَّلَعَ آنِفًا فِي دَارِي قَالَ قُلْتُ أَنَا قَالَ بِأَيِّ شَيْءٍ اسْتَحْلَلْتَ أَنْ تَطَّلِعَ فِي دَارِي قَالَ قُلْتُ أَبْطَأَ عَلَيْنَا الْإِذْنُ فَنَظَرْتُ فَلَمْ أَتَعَمَّدْ ذَلِكَ قَالَ ثُمَّ سَأَلُوهُ عَنْ أَشْيَاءَ فَقَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ قُلْتُ يَا أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ مَا تَقُولُ فِي الْجِهَادِ قَالَ مَنْ جَاهَدَ فَإِنَّمَا يُجَاهِدُ لِنَفْسِهِ
9.      Musnad Ahmad, Bab Musnad al-Mukassirin Min al-Shahabah, No. 5743
حَدَّثَنَا هَاشِمٌ حَدَّثَنَا عَاصِمٌ عَنْ أَبِيهِ عَنْ ابْنِ عُمَرَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
10.  Musnad Ahmad, Bab Musnad al-Mukassirīn Min al-Shahābah, No.  6019
حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا حَنْظَلَةُ سَمِعْتُ عِكْرِمَةَ بْنَ خَالِدٍ يُحَدِّثُ طَاوُسًا قَالَ إِنَّ رَجُلًا قَالَ لِعَبْدِ اللَّهِ بْنِ عُمَرَ أَلَا تَغْزُو قَالَ إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ إِنَّ الْإِسْلَامَ بُنِيَ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامُ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءُ الزَّكَاةِ وَصِيَامُ رَمَضَانَ وَحَجُّ الْبَيْتِ

C.     I’tibār al-Sanad
I’tibār  yaitu suatu upaya penyertaan sanad-sanad lain dalam meneliti suatu hadits yang mana dengan menyertakan sanad lain maka akan diketahui apakah ada periwayat-periwayat yang lain atau tidak. Dengan demikian I’tibār adalah kegiatan menggabungkan beberapa hadits setelah dilakukan kegiatan Takhrīj al-Hadīts, hal tersebut dilakukan untuk membandingkan apakah ada riwayat-riwayat lain yang mendukung hadits tersebut atau tidak. Dalam kegiatan  I’tibār  ini,  untuk lebih memudahkan maka dibantu dengan menggambar sebuah skema periwayatan hadits. Adapun skema periwayatan tersebut dapat dilihat pada bagian lampiran.
Setelah dilakukan I’tibār melalui penggambaran skema hadits, langkah selanjutnya adalah mencari periwayat yang berstatus sebagai Syāhid dan Muttabī’. Menurut M. Syuhudi Ismail, Syāhid  adalah periwayat yang berstatus sebagai sahabat. Sedangkan yang dimaksud dengan Muttabi’  yaitu periwayat yang berstatus sebagai selain sahabat.[3]
Adapun hadits tentang Rukun Islam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dari Ibnu Umar ini tidak memiliki Syāhid karena hanya diriwayatkan oleh Ibnu Umar saja, Namun Hadits ini Memiliki banyak Muttabi’. Berdasarkan hasil penelitian melalui al-Kutūb al-Tis’ah, hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar ini memiliki 10 jalur periwayatan yaitu Sahīh Muslim No. 19,20,21,22, Nasā’i No. 4915, Turmudzī No. 2534, Ahmad No. 4567, 5414, 5743, 6019. Adapun penjabaran sanadnya sebagai berikut.
Pertama, Ikrimah bin Khālid yang merupakan periwayat kedua memiliki  Muttabi’ diantaranya Yazīd bin Bisr, Muhammad bin Yazīd, Abū Suwaid, dan Sa’id bin Ubaidah. Keempat periwayat ini menerima hadits dari Ibnu Umar seperti Ikrimah bin Khālid. Kedua, Khanẓolah bin Abi Sufyān yang merupakan periwayat ketiga memiliki Muttabi’ diantaranya Sālim yang menerima hadits dari Yazīd bin Bisr, ‘Āshim yang menerima hadits dari Muhammad bin Yazīd, Barākah bin Ya’lā yang menerima hadits dari Abū Suwaid, dan Sa’ad bin Thāriq yang menerima hadits dari Sa’ad bin Ubaidah. Ketiga, Ubaidillāh yang merupakan periwayat keempat memiliki Muttabi’ diantaranya Mansūr yang menerima hadits dari Sālim, Mu’afā dan Abdullāh yang menerima hadits dari Khanẓolah, Yahyā bin Zakariyā dan Sulaimān yang menerima hadits dari Sa’ad bin Thāriq. Keempat, Bukhārī yang merupakan periwayat kelima dan sekaligus sebagai Mukharrij Hadits memiliki Muttabi’ diantaranya Sufyān bin Sa’īd yang menerima hadits dari Mansūr, Muhammad yang menerima hadits dari Mu’afā, Hāsyim yang menerima hadits dari Abdullāh, Sahl bin Utsmān yang menerima hadits dari Yahyā bin Zakariyā, dan Abū Uqail yang menerima hadits dari Sulaimān.
Demikianlah beberapa Muttabi’ hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar.  Adapun pada Tabaqāt pertama yaitu tingkat sahabat (Ibnu Umar), hadits riwayat Bukhāri ini secara kuantitas tergolong pada hadits Gharīb, karena hanya diriwayatkan oleh seorang perawi saja (Ibnu Umar). Sedangkan hadits Gharīb ini tergolong dalam hadits Ahad yang Ghairu Masyhūr.





D.    Kritik  Sanad

1.      Skema Sanad Hadits
Berikut ini adalah skema sanad hadits tentang Rukun Islam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dari Ibnu Umar.
رسول الله
حَدَّثَنَا عُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَى قَالَ أَخْبَرَنَا حَنْظَلَةُ بْنُ أَبِي سُفْيَانَ عَنْ عِكْرِمَةَ بْنِ خَالِدٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
 

إبن عمر
                                                  قال                  


عكرمة
                                                   عن  


حنظلة
                                                   عن                                        


                                                 أخبرنا              
عبيد الله



بخاري
                   حدثنا                                                     

Hadits yang diriwayatkan oleh ibnu Umar ini memiliki lima orang periwayat. Adapun urutan nama periwayat dan urutan sanad hadits tentang Rukun Islam yang diriwayatkan oleh imam Bukhārī dari Ibnu Umar diatas adalah sebagai berikut:
No
Nama Periwayat
Urutan Periwayat
Urutan Sanad
1
Ibnu Umar
Periwayat I
Sanad V
2
Ikrimah bin Khālid
Periwayat II
Sanad IV
3
Khanẓolah bin Abī Sufyān
Periwayat III
Sanad III
4
Ubaidillāh bin Mūsā
Periwayat IV
Sanad II
5
Imam Bukhārī
Periwayat V/Mukharrij
Sanad I/Mukharrij

2.      Kritik Sanad Hadits
Hadits tentang Rukun Islam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dari Ibnu Umar di atas mempunyai lima orang perawi. Adapun urutan perawi hadits di atas adalah sebagai berikut: Perawi pertama adalah Ibnu Umar, Perawi kedua adalah Ikrimah bin Khālid, Perawi ketiga adalah Khanẓolah bin Abī Sufyān, Perawi keempat adalah Ubaidillāh bin Mūsā, dan perawi kelima adalah Imam Bukhārī yang juga berkedudukan sebagai Mukharrij Hadits.
Berikut ini adalah sedikit paparan riwayat hidup dan penilaian para ulama mengenai kredibilitas para perawi hadist tersebut.
a)      Ibnu Umar
Nama lengkapnya adalah Abdullāh bin Umar bin Khattāb bin Nufail bin Abdul ’Izzi bin Rabāh bin Abdullāh bin Farth bin Razāh bin ‘Addī bin Ka’ab al-‘Adawī. Ia termasuk dalam golongan sahabat sehingga dapat menerima hadits dari Rasulullah secara langsung. Kunyahnya yaitu Abu Abdurrahmān. Beliau wafat di Makkah pada tahun 73 H pada usia 87 tahun dan dimakamkan di Makkah pula.[4] Sedangkan Khalifah bin Khayyad dan Muhammad bin Sa’ad berkata beliau wafat pada tahun 74 H.[5]
Ibnu Umar mempunyai guru yang banyak, diantara para gurunya yaitu (Nabi Muhammad saw), Umar bin Khattāb (ayahnya), Khafshoh, Aisyah, Zaid bin Tsābit, Rāfi’ bin Khudaij, Abi Lubābah, serta Zaid bin Khattāb, Bilāl bin Rabāh, Zaid bin Khattāb  (pamannya), Sa’ad bin Abi Waqāsh, Abdullāh bin Mas’ūd, uṡman bin Thalhāh, Ali bin Abi Thālib, Abu Bakar al-Shiddīq, Abu Sa’id al-Khudri, Aisyah Ummu Mukminīn.
 Sedangkan orang yang pernah berguru dan belajar hadits pada beliau diantaranya: Yahyā bin Ya’mar, Khumaid bin Abdurrahmān, Sa’ad bin Ubaidah, Muhammad bin Zaid bin Abdullāh bin Amr, (Ikrimah bin Khālid), Salām bin Abdullāh bin Amr, Ubaidillāh bin Dinār, Mus’ab bin Sa’ad, Bilāl bin Abdullāh bin Amr, Aun bin Abdullāh bin Uthbah, Abu Salāmah bin Abdurrahmān, Hafs bin ‘Āshim, Sa’īd bin Yasār, Khumaid bin Abdurrahmān, Abdullāh bin Syaqīq, Ubaidillāh bin Abdullāh bin Usmān, Anās bin Sirīn, Uqbah bin Hāris, Urwah bin Zubair, Abdullāh bin Abdullāh bin Amr, Qāsim bin Muhammad, Sa’īd bin Hāris al-Anshāri, Sa’īd bin Musayyab, Abu Shālih, Abu Hamzah, Amr bin Dinār, Ziyād bin Zubair, Mūsā bin Thalhah dll.[6]
Ibnu Umar termasuk salah satu perawi dari kalangan sahabat sehingga kredibilitasnya dalam meriwayatkan hadits sudah tidak diragukan lagi, sehingga keṡiqahan dan keḍabitannya dapat dipertanggungjawabkan. Hal ini sesuai dengan kaidah “Kullu Shahābah ‘Udūl”.
b)     Ikrimah bin Khālid
Nama lengkapnya adalah Ikrimah bin Khālid bin Ash bin Hisyām bin Mughīrah bin Abdullāh bin Umar bin Makhzūm al-Qurasyī al-Makhzūmi al-Makkī.[7] Beliau bernasab al-Makhzūmi al-Qurasyī. Ia adalah saudara Hāris bin Khālid al-Makhzūmi. Imam Bukhārī berkata dari Muhammad bin Mahrān dari Walīd dari Ibnu Sa’ad bahwa ia telah bertemu Ikrimah bin Khālid dan Athā’ bin Abi Rabāh pada tahun 113 H.[8] Beliau wafat sebelum tahun 120 H.[9] Sedangkan Ibnu Hibbān dalam kitabnya “Aṡ-ṡiqat” berkata bahwa Ikrimah wafat setelah Athā’ bin Abi Rabāh.
Didalam perjalanannya untuk mencari hadits Ikrimah bin Khālid mempunyai guru dan murid yang sangat banyak. Diantara guru-guru Ikrimah bin Khālid yaitu Khālid bin Ash al-Makhzūmī (Ayahnya) Ibrāhim bin Sa’ad bin Abī Waqāsh, Usaid bin Dhāhair, Ja’far bin Muttālib bin Abi Wadā’ah, sa’īd bin Zubair, Abi Tufail Amīr bin Waṡīlah, Abdullāh bin Syaddad bin al-Had, Abdullāh bin Abbas, Abdullāh bin Umar bin Khattāb (Ibnu Umar), Abdurrahmān bin Abdullāh bin Abi ‘Ammār, Mālik bin Aus bin Hadāṡan, Muhammad bin Muslim bin Shihāb al-Zuhri, Yahyā bin Sa’ad bin Abi Waqāsh, Abu Bakar bin Abdurrahmān bin Hārits bin Hisyām al-Makhzūmī dan Abu Hurairah.
Sedangkan Murid-murid beliau diantaranya adalah Ibrahim bin Muhājir al-Bajali, Ishāk bin Sa’īd al-Sa’īdi, Ayyūb bin Mūsa, Hasan bin Katsīr, Hammād bin Salāmah, (Khanẓolah bin Abi Sufyān), Sālim bin Hayyān, Ibād bin Mansūr, Abdullāh bin Thāwus, Abdullāh bin Athā’ al-Makki, Abdurrahmān bin Amr al-Auzā’i, Abdul Mālik bin Juraij, Abdul Mālik bin Hārits bin Abi Rabī’ah al-Makhzūmī, Athā’ bin ‘Ajlān, Qatādah bin Di’āmah, Muhammad bin Ishāq bin Yasār, Muhammad bin Syārik al-Makki, Muslim bin Ibrāhim[10], Yūnus bin Qāsim al-Hanafi, dan Wālid Amr bin Yūnus al-Yamāmi.
Mengenai Kredibilitas Ikrimah bin Khālid, terdapat beberapa ulama yang memberikan penilaian sebagai berikut:
Ø  Ishāk bin Mansūr : ثقة
Ø  Ibnu Sa’ad           : كان ثقة وله أحاديث
Ø  Abdullāh bin Ahmad bin Hanbal: لم يسمع من ابن عباس
Ø  Ahmad bin Hanbal: لم يسمع من عمر
Ø  Abu Zur’ah          : ثقة [11]
Ø  An-Nasā’i : ثقة
Ø  Ibnu Ma’īn: ثقة[12]
Meskipun ada sebagian ulama yang memberikan penilaian yang kurang baik (negatif) terhadap Ikrimah bin Khālid, tetapi secara umum Ikrimah bin Khālid dapat digolongkan sebagai perawi yang ṡiqah. Karena jumlah kritikus yang menilai positif lebih banyak daripada yang menilai negatif, ditambah lagi penilaian yang negatif tersebut tidak disertai dengan argumen yang kuat. Dengan demikian kualitasnya sebagai perawi hadits masih dapat diterima.
c)      Khanẓolah bin Abi Sufyān
Nama lengkapnya adalah Khanẓolah bin Abi Sufyān bin Abdurrahmān bin Shafwān bin Umayyah al-Qurasyi al-Jumākhi al-Makki, beliau adalah saudara ‘Amr bin Abi Sufyān dan Abdurrahmān bin Abi Sufyān.[13] Beliau wafat pada tahun 151 H.
Semasa hidupnya Khanẓolah bin Abi Sufyān memiliki Banyak guru dan murid, adapun diantara para gurunya yaitu Sālim bin Abdullāh bin Umar, Sa’īd bin Minā’, Thāwus bin Kaisān, Abdullāh bin Urwah bin Zubair, Abdurrahmān bin ṡābit al-Jumākhi, Abdul Azīz bin Abdullāh al-Umari, Urwah bin Muhammad al-Sa’di, Athā’ bin Abi Rabāh, (Ikrimah bin Khālid al-Makhzūmi), ‘Aun bin Abdullāh bin Uthbah bin Mas’ūd, Qasim bin Muhammad bin Abi Bakr al-Shiddiq, Mujahid bin Jubair, dan Nafi’ Maula ibn Amr.
Sedangkan Murid-muridnya yaitu Ishāq bin Sulaimān al-Rāzī, Ja’far bin ‘Aun al-Amri, Hammād bin Īsa al-Juhāni, Hammād bin Mas’adah, Sa’īd bin Khuṡaim al-Hilāli, Sufyān al-Tsauri, Dhahāk bin Makhlad Abu ‘āshim al-Nubail, Abdullāh bin Hārits al-Makhzumi, Abdullah bin Dawud al-Wasiti, Abdullah bin Mubarok, Abdullah bin Numair, Abdullāh bin Waqīd, Abu Qatādah al-Harrāni, (Ubaidillāh bin Mūsa), Anbaṡah bin Abdul Wāhid al-Qurāsyi, Fadl bin Mūsa al-Sinā’i, Makkī bin Ibrāhīm al-Balkhī, Waqī’ bin al-Jarrāh.
Mengenai kredibilitasnya dalam meriwayatkan hadits, para ulama memberikan beberapa penilaian sebagai berikut:
Ø  Abdullah bin Ahmad bin Hanbal: ثِقةٌ ثِقة[14]
Ø  Ibrāhīm bin Ya’qūb al-Jurjāni: ثِقةٌ ثِقة
Ø  Ahmad bin Sa’ad bin Abi Maryam dari Yahyā bin Ma’īn: ثِقة حُجَّة
Ø  Abu Zur’ah, Abu Dāwūd, dan Nasāī: ثِقة
Ø  Ali bin al-Madīni: كان عِنده كِتاب
Ø  Abu Ahmad bin Uddī: ولِحنْظَلة أحاديث صالحة، وإذا حَدَّثَ عنه ثِقة فهو مُسْتَقيم.
Ø  Shalih bin Ahmad bin Hanbal: ثِقة
Ø  Ibnu Ma’in: ثِقة[15]
Banyak ulama’ yang sekaligus kritikus hadis memberikan komentar dan penilaian atas pribadi Khanḍolah bin Abi Sufyān dan seluruh penilaian tersebut tidak ada yang menunjukkan akan kekurangan dan celaan terhadap Khanẓolah, baik dari segi keṡiqahan ataupun kedhabitannya, hal ini menunjukkan bahwa Khanẓolah memilki kredibilitas tinggi dalam hal periwayatan hadis dan periwayatannya dapat diterima. Dengan demikian maka dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa Khanẓolah bin Abi Sufyān adalah seorang perawi yang terpercaya dan kredibel, karena karena mayoritas ulama memberikan penilaian yang positif kepadanya.
d)     Ubaidillāh bin Mūsa
Nama lengkapnya adalah Ubaidillāh bin Mūsa bin Abi al-Mukhtār, beliau dilahirkan di kota Kūfah pada tahun 120 H, beliau mempunyai kunyah Abu Muhammad. Sedangkan nasabnya disandarkan kepada al-‘Absyi. Ia dikenal sebagai penghafal  hadits.[16] Beliau wafat pada bulan Dzul Qa’dah tahun 213 H.[17] Sedangkan Ya’qūb bin Sufyān berkata beliau wafat pada tahun 214.
Ubadillāh bin Mūsa mempunyai guru yang banyak, diantara para gurunya yaitu Ibrāhim bin bin Ismā’īl bin Mujammi’, Usāmah bin Zaid al-Laisi, Isrāil bin Yūnus, Hisyām bin Urwah, Sulaimān al-A’masy, Ismāil bin Abi Khālid, Zakariyā bin Abi Zaidah, (Khanẓolah bin Abi Sufyān), Thalhah bin Amr al-Khadrāmi, Thalhah bin Yahyā al-Taimī, Utsmān bin al-Aswad, Mus’ab bin Sulaim, Hasan bin Hayyi, Mūsa bin Ubaidah, Ibnu Juraih dan al-Auzā’i, Ismāil bin Salmān al-Azraq, Basyīr bin Rabī’ah, Hasan bin Shālih bin Hayyi, Muhammad bin Rabī’ah, Khārijah bin Mus’ab, Rabī’ bin Habīb, Zaidah bin Qudāmah, Zakariyā bin Abi Zaidah, Zuhair bin Mu’āwiyah, Sālim al-Khayyāth, Sa’ad bin Aus al-Absyi,  Sufyān al-Tsaurī, Sufyān bin Uyainah, Salāmah bin Nubaith, Sulaimān al-A’masy, Syu’bah bin Hajjaj, Syaibān bin Abdurrahmān, Thalhah bin Amr bin al-Khadrāmi, Abdurrahmān bin Amr al-Auzā’i, Uqbah bin Abi Shālih, Isa bin Abdurrahmān al-Sulāmi, Musa bin Umair al-Anbāri, Musa bin Abi Muhtar (ayahnya), Hārun bin Salmān al-Farrā’, Hisyām bin Urwah, Ya’qūb bin Abdullāh al-Qummī, Yūnūs bin Abi Ishāq, Abi Ja’far al-Rāzī.
Sedangkan para muridnya yaitu Ahmad bin Hanbal, Ibnu Muayyān, Muhammad bin Ubaidillāh bin Numair, Ali bin Muhammad al-Thanāfisi, Hujjaj bin al-Syair, Mahmud bin Ghailān, Muhammad bin Yahyā, Muhammad bin Auf al-Thā’i, Abdullāh bin Abdurrahmān al-Dārimī, Muhammad bin Ismāil bin Ibrāhīm (Imam Bukhāri), Muhammad bin Utsmān bin al-Karāmah, Abu Hātim, Muhammad bin Sulaimān al-Baghandi, Ahmad bin Hāzim al-Ghīfāri, Ahmad bin Abdullāh al-Ijli, Hāris bin Abi Usāmah.  Ibrāhīm bin Dīnār al-Baghdādi, Ibrāhīm bin Ya’qūb al-Jurjāni, Ibrāhim bin Yūnūs bin Muhammad, Ahmad bin Ibrāhīm al-Daurāqi, Ahmad bin Ishāq al-Bukhārī, Ahmad bin Hāzim bin Abi Urwah, Ahmad bin Hanbal, Ahmad bin Sa’īd, Ahmad bin Sulaimān, Ahmad bin Yūsūf al-Sulāmi, Hasan bin Ishāq al-Marwazi, Hasan bin Salām al-Sawwāq, Husain bin Ali bin al-Aswad al-Ijlī, Sufyān bin Waqī’ bin Jarrāh, Muhammad bin Abdullāh bin Numair, Muawīyah bin Shālih al-Asy’arī, Yahyā bin Ma’īn, Ya’qūb bin Syaibah, Yūsūf bin Mūsā al-Qatthān dll.
Mengenai kredibilitas beliau, para ulama mengemukakan beberapa pendapatnya yaitu:
Ø  Abu Hātim: صدوقٌ حسن الـحديث
Ø  Ahmad bin Ubaidillāh al-Ijli: ثقةٌ، رأسٌ فـي القرآن، عالـمٌ به،
Ø  Muhammad bin Sa’ad: صدوقٌ ثقةٌ
Ø  Ibnu ’Uddī: ثقةٌ
Ø  Ibnu Hibbān: ثقةٌ
Ø  Yahya bin Ma’īn: ثقةٌ
Ø  Abu Bakar bin Abi Khoiamah[18]: ثقةٌ
Dengan melihat Informasi tentang perawi Ubaidillāh bin Mūsa diatas, dapat diketahui bahwa Beliau adalah perawi yang ṡiqah dan dapat dipercaya, hal ini dapat dilihat dari beberapa ulama yang memberikan penilian terhadapnya baik dari aspek Kedhabitan ataupun Keṡiqahannya, disamping itu sighat Tahammul wa al-Adā’ yang dipakai adalah kata Haddasanā yang mengindikasikan bahwa Ubaidillāh bin Mūsa memang menerima secara langsung dari Khanẓolah bin Abi Sufyān.
Dari beberapa data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Ubaidillāh adalah seorang perawi yang terpercaya, karena mayoritas ulama memberikan penilaian yang positif kepadanya.
e)      Imam Bukhārī
Imam Bukhārī bernama lengkap Muhammad bin Ismā’īl bin Ibrāhīm bin al-Mughīrah bin al-Bardizbah (194/256 H/819-879 M), dalam riwayat lain dikatakan al-Bazrawīh, atau lebih lengkapnya lagi Muhammad bin Ismā’īl bin Ibrāhīm bin al-Mughīrah bin al-Bardizbah ibn al-Ahnaf al-Ju’fī al-Bukhārī.[19] Nama Bardizbah berasal dari nama pendahulunya yang beragama Majusi[20], sementara nama al-Ju’fī dinisbatkan pada kebesaran kakeknya al-Mughīrah yang menjadi Islam di bawah bimbingan (mawlā) Yaman al-Ju’fī, gubernur Bukhāra saat itu. Beliau lahir di Bukhāra pada tanggal 13 Syawwāl 194 H (21 Juli 819 M) dan meninggal di tempat yang sama pada tanggal 30 Ramadlān 256 H (31 Agustus 879).[21]
Imam Bukhāri berkelana untuk memperdalam hadis ke berbagai daerah diantaranya Hijāz, Syām, Khurasan, Mesir dan dia bertemu dengan para Muhadditsīn al-Amshār, beliau berguru pada Makki bin Ibrahim al-Bulkhī, ‘Abdān bin ‘Usmān al-Marūzī, Abū ‘Āshim al-Syaibān, Muhammad bin Yūsuf al-Faryābī, Abū Nu’aim al-Fadhl bin Dikkīn, Ahmad bin Hanbāl.[22] Ibrāhīm bin Mūsā al-Razi, Ahmad bin Muhammad al-Azrāqi, Sa’id bin Sulaiman al-Wasiti, Sulaimān bin Harb, Sulaiman bin Abdurrahman al-Dimasyqi, Abdullāh bin Muhammad al-Ju’fi al-Musnadi, Abu Mughīrah Abdul Qudūs bin Hujjaj al-Khaulāni, (Ubadillah bin Musa), Ali bin al-Madini, Muhammad bin Sa’īd bin al-Asbahāni, Muhammad bin Abdullāh bin Numair, Yahya bin Abdullāh bin Bukair, dan Yahya bin Ma’īn.[23]
Sedangkan beberapa muridnya yaitu al-Turmudzi, Ibrāhim bin Ishāq al-Harbi, Ibrāhīm bin Mūsa al-Jauzi, Abu Bakar Ahmad bin Amr bin Abi ‘Āshim, Ahmad bin Muhammad bin Jalīl, Ishak bin Ahmad bin Khalāf al-Bukhārī, Abu Sa’īd Bakar bin Munīr bin Khulaid bin ‘Askar al-Bukhārī, Abu Yahyā Zakariyā bin Yahyā al-Bazzaz, Sulaim bin Mujāhid bin Ya’is al-Kirmāni dll.
Adapun mengenai kepribadian beliau, para ulama memberikan beberapa penilaiann diantaranya:
Ø  Ahmād bin Siyār al-Marūzi: “Muhammad bin Ismā’īl adalah seorang pencari ilmu, suka bergaul dengan sesama, berkonsentrasi pada keilmuan hadis, menguasai berbagai keilmuan, dan ahli Hifdz.[24]
Ø  Amr bin Ali: sesuatu yang tidak diketahui oleh Muhammad bin Ismāil (Imam Bukhāri) bukanlah hadits.[25]
Ø  Abu Mus’ab: Muhammad bin Ismā’il adalah seorang ahli Fiqh dan hadits.
Ø  Abu Bakar bin Abi Syaibah dan Muhammad bin Abdullāh bin Numair: Kami belum pernah melihat orang seperti Muhammad bin Ismā’il.
Ø Ibnu Huzaimah  : Tidak ada yang lebih tahu dan hafal hadis selain dia.
Ø Ibnu Sholah        : Ia bergelar Amir al-Mukminin dalam hadis.
Ø Ahmad ibn Sayyar: Ia adalah penuntut dan pengembara dalam mencari hadis.
Ø Ibnu Hibban                : Ia seorang yang tsiqat.
Ø Sam’any                      : Ia seorang imam mufin.[26]
Dari penilaian tersebut, penulis menyimpulkan bahwa Imam Bukhārī termasuk periwayat yang berkualitas dan dapat diterima periwayatannya. Apalagi beliau telah menyusun kitab Shahīh Bukhārī yang notabene merupakan kitab yang memuat hadits-hadits shahīh. Bahkan Kitab ini merupakan kitab induk yang menempati urutan pertama dikalangan orang islam (Madzhab Sunnī).
3.      Persambungan sanad
M. Syuhudi Ismail mengatakan bahwa persambungan sanad suatu hadits dapat didasarkan pada tiga kategori. Pertama, seluruh periwayat hadits bersifat ṡiqah. Kedua, tidak terbukti melakukan Tadlīs (menyembunyikan cacat). Ketiga, periwayatan dikatakan sah apabila berdasarkan ketentuan sigat at-Tahammul wa al-Adā’ al-Hadīts (penerimaan dan penyampaian suatu hadits).
Untuk periwayat pertama, yaitu Ibnu Umar (w.73 H). Beliau merupakan salah satu sahabat yang berguru langsung pada Rasulullah saw. Karena terdapat sebuah kaidah bahwa “Kullu Sahābah ‘Udūl” maka kredibiitas Ibnu Umar dalam periwayatan hadits sudah tidak diragukan lagi dan riwayatnya dapat dijadikan sebagai hujjah bagi orang islam. Dalam meriwayatkan hadits ini Ibnu Umar menggunakan Sighat Tahamul wa al-‘Adā’ berupa  lafadz (قال) dimana apabila seorang rawi menggunakan sighat tersebut berarti meriwayatkan hadits yang beliau dengar secara langsung dari Rasulullah saw.
Adapun mengenai hubungan antara Ibnu Umar  (w.73 H) dan Ikrimah bin Khālid (w.sebelum 120 H) juga masih ada ketersambungan. Keduanya memiliki relasi hubungan antara guru dan murid. Mengenai kredibilitas Ikrimah, mayoritas para ulama mengatakan bahwa ia adalah seorang yang ṡiqah. Walaupun ada sebagian yang menilainya negatif. Tapi tidak disertai dengan argumen yang jelas. Sehingga penilaian yang positif lebih diunggulakan. Jika dilihat dari segi sigat Tahammul wa al-Adā’ Ikrimah bin Khālid menerima hadits dari Ibnu Umar dengan menggunakan lafadz عن. Para ulama berpendapat bahwa hadits yang memakai lafadz عن memiliki sanad yang terputus. Namun dari paparan diatas bahwa Ikrimah bin Khālid adalah seorang yang tsiqah maka antara Ikrimah bin Khālid dan Ibnu Umar masih dimungkinkan memiliki ketersambungan sanad.
Selanjutnya adalah hubungan antara Ikrimah bin Khālid dengan periwayat yang ketiga yaitu Khanẓolah bin Abi Sufyān (w. 151 H). Keduanya juga memiliki hubungan sebagai guru dan murid. Para ulama tidak ada yang menilai dengan penilaian yang negatif sehingga beliau digolongkan sebagai perawi yang ṡiqah. Adapun sigat Tahammul wa al-Adā’  yang digunakan oleh Khanẓolah bin Abi Sufyān juga memakai lafadz عن, tetapi karena hubungan keduanya adalah guru dan murid maka masih dimungkinkan memiliki ketersambungan sanad.
Adapun mengenai ketersambungan sanad antara Khanẓolah bin Abi Sufyān (w. 151 H) dan Ubadillāh bin Mūsa (w. 213 H) adalah antara keduanya memiliki hubungan guru dan murid. Kemudian mengenai kredibilitas Ubaidillāh bin Mūsa, para ulama mayoritas memberikan penilaian yang positif sehingga beliau dapat digolongkan sebagai periwayat yang ṡiqah dan mempunyai kepribadian yang bagus. Apalagi sigat Tahammul wa al-Adā’  yang digunakan adalah اخبرنا. Dimana lafadz tersebut termasuk dalam kategori as-Samā’  yang memungkinkan antara keduanya bertemu dan mendengar secara langsung.
Yang terakhir yaitu persambungan sanad antara Ubadillāh bin Mūsa (w. 213 H) dengan Imam Bukhārī (w. 256 H). Antara keduanya dimungkinkan terjadi persambungan sanad karena mereka merupakan guru dan murid. Mengenai kepribadian Imam Bukhārī, mayoritas para ulama menilainya sebagai periwayat yang ṡiqah dan terpercaya. Disamping itu lafadz sigat Tahammul wa al-Adā’ yang dipakai adalah حدثنا dimana lafadz  tersebut mengindikasikan bahwa  keduanya pernah bertemu dan mendengar secara langsung.
Dengan demikian secara umum semua periwayat dalam hadits ini sanadnya bersambung karena seluruhnya memiliki relasi antara guru dan murid.

4.      Kemungkinan terhindar dari Syaż  dan ‘Illāh

Yang dimaksud dengan Syaż adalah suatu hadits yang diriwayatkan oleh seorang perawi yang ṡiqah, akan tetapi riwayatnya tersebut bertentangan dengan periwayat-periwayat lain yang ṡiqah pula. Adapun langkah untuk mengetahui apakah didalam hadits terdapat Syaż atau tidak adalah dengan membandingkan semua sanad atau jalur periwayatan.
Sedangkan yang dimaksud ‘illat adalah cacat yang tersembunyi yang tidak terlihat secara langsung dalam penelitian terhadap satu jalur sanad. Untuk meneliti sanad hadits yang mengandung ‘illat (cacat) diperlukan penelitian yang lebih cermat, sebab hadits yang bersangkutan sanadnya tampak berkualitas shahih. Cara menelitinya adalah dengan membandingkan semua sanad yang ada untuk matan yang memiliki tema yang sama.[27]
Berdasarkan pengamatan dan penelitian penulis terhadap beberapa sanad lain dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dari Ibnu Umar, yaitu hadits-hadits lain yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, Turmudzī, Nasā’i, dan Ahmad adalah terhindar dari kemungkinan adanya Syaż dan Illat. Sebab jika diamati seluruh hadits yang dari jalur periwayatan yang lain tersebut mendukung dan menguatkan hadits riwayat Imam Bukhārī ini. Walaupun ada beberapa tambahan lafadz dan perbedaan bentuk kalimat (fi’il dan isim) pada hadits riwayat Imam Muslim, Turmudzī, Nasā’i dan Ahmad, namun tambahan lafadz ataupun perbedaan bentuk kalimat tersebut tidak dapat merusak atau merubah esensi dan citra hadits. Sehingga  riwayat Ibnu Umar tersebut bisa dikatakan terhindar dari Syaż dan 'Illat.

5.      Simpulan  Kritik Sanad

Setelah melakukan kajian dan penelitian terhadap hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar tersebut bahwa hadits tersebut diriwayatkan oleh periwayat-periwayat yang ṡiqah dan terpercaya. Disamping itu juga bahwa sanad hadits ini mulai Mukharrij hadits sampai Rasulullah memiliki ketersambungan sanad yaitu hubungan antara guru dan murid. Hadits ini juga terhindar dari adanya Syaż dan ‘Illat. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hadits tentang Rukun Islam yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dari Ibnu Umar adalah berkualitas Shahīh sanadnya.

E.     Kritik Matan hadits

Para ulama merumuskan beberapa tolok ukur yang dapat digunakan dalam melakukan kritik terhadap matan hadits, menurut Shalāhuddīn al-Adlābi sebagaimana yang dikutip oleh Prof. Dr. Suryadi bahwa tolok ukur kritik matan ada 4 yaitu:[28]

Ø  Susunan pernyataannya menunjukkan ciri-ciri sabda kenabian
Ø  Tidak bertentangan dengan al-Qur’ān
Ø  Tidak bertentangan dengan hadits dan sīrah nabawīyah
Ø  Tidak bertentangan dengan akal sehat, logika dan fakta sejarah

Berdasarkan kriteria pertama yaitu susunan pernyataan suatu hadits menunjukkan ciri-ciri sabda kenabian, bahwa hadits riwayat Imam Bukhāri  dari Ibnu Umar diatas telah menunjukkan ciri-ciri sabda kenabian. Hal tersebut dapat dilihat dari kesederhanaan redaksi matan hadits serta kandungan matannya yang wajar dan tidak berlebih-lebihan.
Hadits diatas jika dibandingkan dengan redaksi matan hadits dari jalur periwayatan yang lain, maka hadits yang bertemakan Rukun Islam ini memiliki beberapa variasi matan yaitu:
No
Sumber
Redaksi Matan Hadits
1
Muslim No. 7
Ahmad No. 5743

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
2
Muslim No. 19

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسَةٍ عَلَى أَنْ يُوَحَّدَ اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَالْحَجِّ
3
Muslim No. 20
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ عَلَى أَنْ يُعْبَدَ اللَّهُ وَيُكْفَرَ بِمَا دُونَهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
4
Muslim No. 21
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
5
Muslim No. 22
إِنَّ الْإِسْلَامَ بُنِيَ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ وَحَجِّ الْبَيْتِ

6
Turmudzī  No. 2534
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ وَحَجِّ الْبَيْتِ
7
Nasā’ī No. 4915
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَالْحَجِّ وَصِيَامِ رَمَضَانَ

8
Ahmad No. 4567
 بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصَوْمِ رَمَضَانَ
9
Ahmad No. 5414
بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِقَامِ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ وَحَجِّ الْبَيْتِ وَصِيَامِ رَمَضَانَ
10
Ahmad No. 6019
بُنِيَ عَلَى خَمْسٍ شَهَادَةُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ وَإِقَامُ الصَّلَاةِ وَإِيتَاءُ الزَّكَاةِ وَصِيَامُ رَمَضَانَ وَحَجُّ الْبَيْتِ


Setelah melihat variasi redaksi matan hadits diatas, maka dapat disimpulkan bahwa hadits tentang rukun islam tersebut diriwayatkan secara makna (al-Riwāyah bi al-Ma’nā). Karena perbedaan yang ada hanya sebatas perbedaan penyebutan  fi’il dan bentuk kalimat, apalagi hadits ini didukung oleh hadits-hadits dari jalur lain yang berderajat sāhih, jadi variasi redaksi matan tersebut masih dapat diterima dan hadits ini dapat diamalkan.
Langkah yang selanjutnya adalah meneliti kandungan matan hadits. Secara umum penelitian ini didasarkan pada tiga tolok ukur yaitu tidak bertentangan dengan al-Qur’an, hadits dan Sīrah nabi serta tidak bertentangan dengan akal sehat.
o   Tidak bertentangan dengan al-Qur’an
Berdasarkan tolok ukur pertama, Hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar yang berbicara tentang Rukun Islam. Jika dicermati lebih lanjut, kandungan hadits ini sama sekali tidak bertentangan dengan petunjuk al-Qur’an. Dalam al-Qur’an disebutkan beberapa ayat yang mendukung hadits tersebut diantaranya:
Islam mengajarkan tauhid kepada manusia, mengajarkan juga kepada orang yang bertauhid agar senantiasa memenuhi panggilan Allah (menjalankan perintahnya) dengan ikhlas, karena hanya Dia-lah yang berhak untuk disembah.
18.  Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan dia (yang berhak disembah), yang menegakkan keadilan. para malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). tak ada Tuhan melainkan dia (yang berhak disembah), yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.[29]
Dijelaskan bahwa sesungguhnya shalat merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah, shalat juga merupakan sarana komunikasi seorang hamba dengan tuhannya yang dilakukan setiap hari secara kontinyu. Begitu pentingnya shalat ini sehingga apabila seorang hamba jika ingin memohon pertolongan kepada Allah dianjurkan dengan melaksanakan shalat.[30] Sebagaimana firman Allah berikut ini:
153.  Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.[31]
Tentang puasa, Allah menjelaskan bahwa puasa merupakan suatu kewajiban bagi orang-orang yang beriman, disisi lain puasa dapat menahan dan menghancurkan syahwat yang merupakan pokok dari maksiat yang dapat menjerumuskan manusia ke lembah dosa. Hal ini dijelaskan Allah dalam al-Qur’an sebagai berikut:
183.  Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.[32]
Dalam al-Qur’an dijelaskan bahwa ibadah haji merupakan salah satu bentuk ibadah yang diwajibkan Allah kepada orang yang mampu melaksanakannya (Istithā’ah), baik mampu secara jasmani maupun rohani.
97.  Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim, barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah Dia; mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), Maka Sesungguhnya Allah Maha Kaya (Tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.[33]
Dengan demikian, hadits tersebut tidaklah bertentangan dengan al-Qur’an, karena empat ayat al-Qur’an diatas dapat memperkuat terhadap isi kandungan hadits diatas.
o   Tidak bertentang dengan hadits dan Sīrah nabi
Jika dilihat dari berbagai macam petunjuk yang terdapat dalam hadits nabi, maka hadits riwayat Imam Bukhārī ini tidak bertentangan dengan hadits-hadits yang lain. Diantaranya yaitu dikisahkan bahwa Abu Hurairah meriwayatkan ada seorang laki-laki yang datang kepada Nabi Muhammad saw dan bertanya: Ya Rasūlullāh, tunjukkan kepadaku suatu amal yang jika aku kerjakan maka akan masuk surga, Rasulullah menjawab: Kau menyembah Allah dan tidak menyekutukannya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan berpuasa di Bulan Ramadhan. Kemudian laki-laki tersebut berkata ”Demi diriku yang ada didalam tangan-Nya, aku tidak akan menambah hal ini. Ketika ia pergi kemudian Rasulūllāh saw bersabda: Barangsiapa yang ingin melihat laki-laki penghuni surga, maka lihatlah dia (HR. Bukhari, Muslim, Nasa’i).
Hadits tersebut mengisyaratkan dan sekaligus memberikan pelajaran kepada kita bahwa menyembah Allah, mendekatkan diri kepadanya, melaksanakan perintahnya (Syahadat, Shalat, Zakat, Puasa, dan haji) akan memasukkan manusia dalam penjagaan dan perlindungan Allah serta membangkitkan harapan memperoleh ampunan Allah dan akan masuk surga.[34] Semua itu dapat menghapus kegelisahan yang timbul dan perasaan berdosa dan memberikan perasaan tenang dan damai.
o   Tidak bertentangan dengan akal sehat dan logika
Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī tentang rukun islam diatas jika kita nalar secara logika tidak mungkin bertentangan dengan akal sehat dan logika, karena kita sebagai makhluk Allah diberi kewajiban menjalankan perintah-perintahnya yang berupa rukun islam. Disamping itu bahwa rukun islam ini juga menjadi pilar agama, sehingga jika pilar agama tersebut tidak dijalankan oleh seorang muslim maka agama dengan sendirinya akan roboh.
Berdasarkan analisis terhadap kandungan hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar dengan menggunakan tiga tolok ukur diatas yaitu tidak bertentangan dengan al-Qur’an, hadits dan Sirah Nabi serta tidak bertentangan dengan akal sehat, logika. maka penulis menyimpulkan bahwa hadits tentang Rukun Islam tersebut sama sekali tidak bertentangan dengan petunjuk al-Qur’an, hadits dan Sīrah Nabi serta tidak bertentangan dengan akal sehat maupun logika. sehingga hadits tersebut dapat diterima dan sekaligus dapat diaplikasikan dalam kehidupan kita.
 Sebagai kesimpulan yang berdasarkan kritik matan diatas, maka penulis menyimpulkan bahwa hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhārī dari Ibnu Umar bernilai Sahīh dan Maqbūl. Sebab hadits ini tidak bertentangan dengan al-Qur’an, riwayat-riwayat yang lain, akal sehat dan indera. sehingga hadits ini dapat diamalkan dan dijadikan sebagai hujjah.

F.     Simpulan
Berdasarkan kajian kritik sanad dan matan terhadap hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar tentang Rukun Islam diatas, maka penulis menyimpulkan beberapa poin sebagai berikut:
1)      Berdasarkan hasil Takhrīj Hadīts, didapatkan 10 hadits dari jalur periwayatan yang berbeda.
2)      Berdasarkan I’tibār al-Sanad hadits ini merupakan hadits Gharīb karena hanya diriwayatkan oleh seorang perawi saja.
3)      Berdasarkan kajian kritik sanad, maka hadits ini tergolong hadits yang Sahīh sanadnya.
4)      Berdasarkan kajian kritik matan, hadits riwayat Imam Bukhārī  ini termasuk hadits yang Sahīh dan Maqbūl sehingga dapat diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari.
5)      Secara kontekstual, maka hadits ini bersifat universal karena hadits ini masih relevan pada masa sekarang dan tidak ada seorangpun yang membantahnya.
Demikianlah  kajian kritik sanad dan matan terhadap hadits riwayat Imam Bukhārī dari Ibnu Umar tentang Rukun Islam. Semoga hasil dari kajian ini dapat bermanfaat bagi kita semua meskipun masih banyak kekurangan-kekurangan yang ditemukan dalam penelitian ini. Wallāhu A’lam bi al-Shawāb.[]



Daftar Pustaka
Abror, Indal. “ Kitab al-Shahīh al-Bukhārī” dalam Studi Kitab Hadis ,Yogyakarta : Teras, 2009, Cetakan Ketiga.
Adz-Dzahabi, dalam pdf Mizan al-I’tidal fi Naqd al-Rijal’ Juz 5. Beirut: Dar al-Kutub. Th.
Adz-Dzahabī. Siyar A’lam an-Nubalā’ Juz 6, dalam CD Maktabah al-A’lām wa Al-Tarājim.
al-Asbahāni, Abu Bakr Ahmad bin Ali bin Manjuwaih. dalam pdf Rijal Shahīh Muslim Jilid I.
Al-Mizzī. Tahdzīb al-Kamāl Juz 15 dalam CD Maktabah al-A’lām wa Al-Tarājim.
Al-Mizzī. Tahdzīb al-Kamāl Juz 15 dalam DVD al-Maktabah al-Syāmilah.
CD Mausū’ah al-Hadīts al-Syarīf Versi 2. t.tp: Global Islamic Software Company, 1997.
Ismā’il, M. Syuhudi. Metodologi Penelitian Hadits Nabi. Jakarta: Bulan Bintang, 1992.
Musbikin, Imam. Melogikakan Rukun Islam: Bagi Kesehatan Fisik dan Psikologi Manusia. Yogyakarta: Diva Press. 2008.
Suryadi dkk, Metodologi Penelitian Hadits, Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006.
Suryadi. Metode Kontemporer Memahami Hadits Nabi: Perspektif Muhammad al-Ghazali dan Yusuf al-Qardhawi, Yogyakarta: Teras, 2008.
Syuhbah, M. M Abu. Kutubus Sittah: Mengenal Enam Kitab Pokok Hadis Shahīh dan Biografi Para Penulisnya Bukhuārī, Muslim, Turmudzī, Nasāī,  Ibn Mājah, Abū Daud, terj Ahmad Usman, Cetakan Kedua (Surabaya : Penerbit Pustaka Progressif, 1999), hlm. 37.  Dalam Toton Witono, “Imam al-Bukhari dan Kitab al-Tarīkh al-Kabīr” dalam Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, Vol. 6, No. 1. Januari 2005.
Ta’dīl wa al-Tajrīh Juz I dalam CD Maktabah al-A’lām wa Al-Tarājim.


[1] M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadits Nabi (Jakarta: Bulan Bintang, 1992), hlm.43.
[2] Suryadi dkk, Metodologi Penelitian Hadits, (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006), hlm. 32.

[3]  Lihat M. Syuhudi Ismail, Metodologi Penelitian Hadits Nabi (Jakarta: Bulan Bintang, 1992), hlm. 51.
[4] Abu Bakr Ahmad bin Ali bin Manjuwaih al-Asbahani, dalam pdf Rijal Shahih Muslim Jilid I, hlm. 336.
[5] Al-Mizzi, dalam pdf Tahdzib al-Kamal fi Asma al- rijal Juz 15, hlm. 240.
[6] Abu Bakr Ahmad bin Ali bin Manjuwaih al-Asbahani, dalam pdf Rijal Shahih Muslim Jilid I, hlm. 337..
[7] Al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal Juz 12 dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 295.
[8] Ta’dil wa al-Tajrih Juz I dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 495.

[9] Adz-Dzahabi, dalam pdf Mizan al-I’tidal fi Naqd al-Rija’ Juz 5 (Beirut: Dar al-Kutub, th). Hlm. 113.
[10] Al-Mizzi, dalam pdf Tahdzib al-Kamal fi Asma al- rijal Juz 20, hlm. 251.
[11] Ta’dil wa al-Tajrih Juz I dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 495.
[12] Adz-Dzahabi, dalam pdf Mizan al-I’tidal fi Naqd al-Rija’ Juz 5 (Beirut: Dar al-Kutub, th). Hlm. 113.
[13] Al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal Juz 4 dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 503.
[14] Al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal Juz 7 dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 445.
[15] Adz-Dzahabi, Dalam pdf Mizan al-I’tidal fi Naqd al-Rijal (Beirut: Dar al-Kutub), Hlm. 397.
[16] Adz-Dzahabi, Siyar A’lam an-Nubala’ Juz 6, dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 524.
[17] Al-Mizzi, dalam  pdf  Tahdzib al-Kamal fi Asma al- rijal Juz 19, hlm. 169.
[18] Al-Mizzi, dalam pdf Tahdzib al-Kamal fi Asma al- rijal Juz 19, hlm. 168.
[19] Al-Bukhari dalam al-Mukaddimah, Tarikh al-Kabir , hlm. 5.

[20] M. M Abu Syuhbah, Kutubus Sittah: Mengenal Enam Kitab Pokok Hadis Shahīh dan Biografi Para Penulisnya Bukhuārī, Muslim, Turmudzī, Nasāī,  Ibn Mājah, Abū Daud, terj Ahmad Usman, Cetakan Kedua (Surabaya : Penerbit Pustaka Progressif, 1999), hlm. 37.  Dalam Toton Witono, “Imam al-Bukhari dan Kitab al-Tarīkh al-Kabīr” dalam Jurnal Studi Ilmu-Ilmu al-Qur’an dan Hadis, Vol. 6, No. 1. Januari 2005, hlm. 153.
[21] Indal Abror, “ Kitab al-Shahīh al-Bukhārī” dalam Studi Kitab Hadis (Yogyakarta : Teras, 2009) Cetakan Ketiga, hlm. 45.
[22] Al-Bukhari dalam al-Mukaddimah, Tarikh al-Kabir , hlm. 5
[23] Al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal Juz 15 dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm. 157.
[24] Al-Bukhārī dalam al-Mukaddimah, al-Tārīkh al-Kabīr , hlm. 6.
[25] al-Mizzi, Tahdzib al-Kamal Juz 15 dalam CD Maktabah al-A’lam wa Al-Tarajim, hlm.157.
[26] Thobaqot al-Mufasirin, juz I, hal. 19.
[27] Suryadi dkk, Metodologi Penelitian Hadits, (Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga, 2006), Hlm. 117.
[28] Suryadi, Metode Kontemporer Memahami Hadits Nabi: Perspektif Muhammad al-Ghazali dan Yusuf al-Qardhawi  (Yogyakarta: Teras, 2008), hlm. 17-18
[29] Lihat QS. Ali Imran ayat  18.
[30] Imam Musbikin, Melogikakan Rukun Islam: Bagi Kesehatan Fisik dan Psikologi Manusia, (Yogyakarta: Diva Press, 2008), hlm. 171.
[31] Lihat QS. al-Baqarah ayat 153.
[32] Lihat QS. al-Baqarah ayat 183
[33] Lihat QS. Ali Imran ayat  97.
[34] Imam Musbikin, Melogikakan Rukun Islam: Bagi Kesehatan Fisik dan Psikologi Manusia, (Yogyakarta: Diva Press, 2008), hlm. 284-285.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar