soal ushul fiqih uas semester satu

Admin Wednesday, January 20, 2010
1. ushul fiqih mempynyai peran yang sangat strategis untuk menjaga dinamika kelenturan ajaran agama dalam berdialektika dengan problema sosial kemanusiaan dan kealaman. klaim ajaran islam sebagai shalihun likulli makan wal azman sebagai penerjemahan dari wacana "wama arsalnaka illa rahmatan lil alamin" menjadi tanggung jawab ushul fiqih dalam melakukan istinbath al-hukm, baik dengan metode interpretasi bahasa (bayan), metode kausasi (ta'lili), dan metode kemashlahatan (istishlahi).
2. istishan sebagai salah satu istidlal al-hukm telah melahirkan polemik berkepanjangan dikalangan ulama ushuliyyin hingga saat ini. Penolakan keras dari imam syafi’i terhadap istihsan karena dianggap berpotensi membuat syariah sendiri (man istahsana faqad syarra’a) mendapat reaksi yang tidak kalah sengit dari para pendukungnya. Fenomena munculnya kelompok islam beraliran keras (fundamental) seperti HTI, FPI, laskar jihad dan yang beraliran liberal semisal JIL, JIMM komunitas islam emansipatoris ditenggarai sebagai derivasi dari adanya konflik istihsan diatas. Jelaskan dan berikan contoh dari pola kerja istihsan!
3. baru-baru ini ada seorang pekerja seni yang melakukan operasi perubahan kelamin dari laki-laki . menjadi perempuan. Perubahan status jenis kelamin itu mendapat pengesahan dari Pengadilan Negeri setempat. Jelaskan bagaimana pendapat Saudara dalam perspektif ushul fiqih. Gunakan istidlal yang tepat dan argumentatif.
4. jelaskan kembali dengan singkat dan padat (latar belakang masalah-rumusan-metode-pembahasan-kesimpulan) tugas makalah yang dikerjakan. Maksimal 20 baris.
loading...

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
April 15, 2015 at 9:09 PM delete

ijin nyimak gan informasinya
menarik dan bermanfaat nih infonya
thanks ya, sukses terus

Reply
avatar

Silahkan Tuliskan Komentar Anda disini. jika anda belum mempunyai Google Account atau Open ID, Anda bisa Menggunakan Name/Url (disarankan menggunakan opsi ini) atau Anonimous. Mohon berkomentar dengan bijak dan jangan spamSilahkan komentar